Record Details

Pengaruh Media Audiovisual terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik

CENDEKIA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Media Audiovisual terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik
 
Creator Dwi Rosyidatul Kholidah
 
Description Anak yang memiliki minat belajar yang baik merupakan keinginan setiap para pendidik, namun dalam proses pembelajaran tentu para pendidik harus menyiapkan hal-hal baru agar peserta didik tidak bosan dan semangat dalam belajarnya. Penurunan minat dan semangat dalam belajar pada masa ini terjadi pada anak-anak, salah satu faktor penurunan semangat belajar yakni penggunaan metode dan proses pembelajaran yang biasa-biasa saja cenderung terlalu terfokus pada pendidik, sehingga peserta didik mudah bosan, dan bahkan mengantuk dan lain sebagainya. Dari sinilah pendidik harus menyiapkan dorongan agar peserta didik kembali berminat dalam belajar, salah satunya dengan menggunakan media audiovisual dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui penggunaan media audiovisual pada pembelajaran tematik,2. Mengetahui tingkat minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik,3. Mengetahui adanya pengaruh dari media audiovisual terhadap minat belajar peserta didik kelas IV MI Ihyaul Ulum Manyar. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Kemudian pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Dengan menggunakan Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Dengan jumlah populasi 20 dari kelas IV. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan rumus Analisis Regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Media audiovisual dalam pembelajaran Tematik masuk dalam kategori baik, dibuktikan dengan perhitungan hasil prosentase sebesar 77%, artinya media audiovisual berhasil digunakan dengan baik pada pembelajaran tematik. 2. Minat peserta didik pada pembelajaran Tematik masuk kategori baik dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, dibuktikan dengan perhitungan hasil prosentase sebesar 76%, artinya peserta didik mengalami peningkatan minat pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media audiovisual. 3. Penggunaan media audiovisual pada pembelajaran tematik berpengaruh  terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik kelas IV MI Ihyaul Ulum Manyar tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil tabel regresi ditemukan nilai thitung> ttabel (2,832 ≥1,734) Maka dengan demikian media audiovisual memberikan pengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Ihyaul Ulum Manyar Tahun Pelajaran 2018/2019 secara signifikan.
 
Publisher PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT (P3M) SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-FATTAH SIMAN LAMONGAN
 
Date 2018-03-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/59
10.37850/cendekia.v10i01.59
 
Source CENDEKIA; Vol. 10 No. 01 (2018): Cendekia March 2018; 1-14
2685-046X
2086-0641
10.37850/cendekia.v10i01
 
Language eng
 
Relation http://journal.stitaf.ac.id/index.php/cendekia/article/view/59/167
 
Rights Copyright (c) 2018 JURNAL CENDEKIA