Strategi Remedial Teaching Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa di Masa Covid 19 di Sekolah MI Riyadut Tholibin
JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Strategi Remedial Teaching Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa di Masa Covid 19 di Sekolah MI Riyadut Tholibin
|
|
Creator |
Jasuli, Abdullah Hasbi,
|
|
Description |
Guru adalah salah satu komponen penting dalam pendidikan yang wajib bertanggung jawab atas terselenggaranya proses pembelajaran. Dengan peran dan tanggung jawab guru tersebut diharapkan tidak terjadi kesulitan dalam pembelajara. Namun bila terjadi kesulitan dalam pembelajaran diharapkan guru membuat strategi yang baik sehingga kesulitan belajar yang dialami siswa dapat diselesaikan dengan baik. Setiap individu memang tidak ada yang sama, perbedaan individual inilah yang menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar dikalangan peserta didik. Dalam keadaan peserta didik tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, itulah yang disebut kesulitan belajar. Fokus penelitian ini yaitu Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan Remidial Teaching siswa MI Riyadut Thalibin di Masa Covid 19. Penelitian menggunakan prosedur penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tentang sifat-sifat (karakteristik). Dalam penelitian ini memperoleh dua kesimpulan, yaitu kesimpulan umum dan khusus. Kesimpulan umum yaitu: Strategi Remedial Teaching Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa di Masa Covid 19 di Sekolah MI Riyadut Tholibin dapat dikatakan baik. Dalam mengatasi kesulitan belajar siswa guru aktif dalam melakukan perbaikan, perbaikan tersebut bisa dilakukan dengan kerjasama antara pihak kepala sekolah, tenaga pendidik lain, waka kurikulum dan siswa. Sedangkan kesimpulan umum berisi : 1) mendiagnosis kesulitan belajar, dengan cara mengetahui jenis kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, 2) menganalisis kesulitan belajar, dengan cara Menentukan bidang kecakapan tertentu yang dianggap bermasalah dan memerlukan perbaikan. 3) remedial teaching, dengan cara, menentukan tindakan yang harus di lakukan, bimbingan khusus, pengukuran kembali terhadap prestasi belajar peserta didik, dan kemudian dilakukan re-evaluasi dan re-diagnostik. Kata Kunci : Strategi, Remedial Teaching, Guru PAI, Covid 19 |
|
Publisher |
Penerbit Kyai Mojo
|
|
Date |
2022-03-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/1161
10.1234/jpka.v7i2.1161 |
|
Source |
JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA; Vol. 7 No. 2 (2021): DESEMBER; 107-114
2460-3325 2460-3325 10.1234/jpka.v7i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/1161/1017
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA
|
|