Record Details

PERAN KIAI DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM LOKAL DI PESANTREN NURUL ISLAM 1 JEMBER

JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PERAN KIAI DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM LOKAL DI PESANTREN NURUL ISLAM 1 JEMBER
 
Creator Qurtubi, Moh
Hudi, Saman
 
Description Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peran dan strategi Kiai dalam pengembangan kurikulum lokal madrasah berbasis pesantren. Secara lebih rinci, masalah penelitian ini difokuskan pada: (1) peran kiai dalam mendorong tim pengembang kurikulum lokal untuk menganalisis kebutuhan dan pertimbangan yang digunakan pesantren; (2) peran kiai dalam mengarahkan tim pengembang untuk memformulasikan kurikulum lokal di madrasah berbasis pesantren;  (3) peran kiai  dalam  menetapkan  kurikulum lokal  pada  tim pengembang untuk diimplementasikan melalui program ekstrakurikuler; (4) peran kiai dalam membiming tim untuk melakukakan evaluasi dan rencana tindaklanjut.Penelitian  ini dirancang  dengan  metode  kualitatif.  Penentuan  informan yang  dipilih dengan  teknik  purposive.   Pengumpulan  data  dilakukan  dengan menggunakan teknik wawancara  mendalam, observasi, dan studi dokumenter. Prosedur  analisis  data  melalui  tahapan  data  condensation,   data  display,  dan conclusion  drawing. Sedangkan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.Temuan penelitian ini adalah: Pertama, kiai mendorong tim pengembang kurikulum untuk melakukan  analisis terhadap  kebutuhan  masyarakat  terkait dengan  kurikulum lokal  dengan  tetap  menjaga  sanad  keilmuan;  Kedua, kiai mengarahkan tim pengembang untuk memformulasi kurikulum lokal yang integratif dan adaptif yaitu sesuai dengan situasi, kondisi, dan sarana prasarana pesantren; Ketiga, kiai menetapkan pengembangan kurikulum lokal pada tim pengembang untuk diimplementasikan melalui program ekstrakurikuler. Keempat, kiai membimbing tim pengembang untuk mengevaluasi  pelaksanaan kurikulum lokal  secara  holistik  dan  komprehensif, mulai  dari  perencanaan, pelaksanaan,  dan hasil yang  telah  dicapai  serta  menentukan  rencana  tindak lanjut dari hasil evaluasi tersebutKata  Kunci: Peran  Kiai, Pengembangan,  Kurikulum  Lokal,  Madrasah  Berbasis Pesantren 
 
Publisher Penerbit Kyai Mojo
 
Date 2022-03-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/690
10.1234/jpka.v6i1.690
 
Source JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN ASWAJA; Vol. 6 No. 1 (2020): JUNI
2460-3325
2460-3325
10.1234/jpka.v6i1
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/KYM/article/view/690/627
 
Rights Copyright (c) 2020 JURNAL Pendidikan dan Kajian Aswaja