Model PBI Dalam Setting Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu
JURNAL BIOSHELL
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Model PBI Dalam Setting Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu
MODEL PBI DALAM SETTING KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU |
|
Creator |
Linna Fitriani
Nopiyanti, Nopa |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang menggunakan model PBI dalam setting kooperatif tipe STAD dengan model PBI dan Model Konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan pre-test dan post-test group design. Sampel penelitian 3 kelas dari 4 kelas yang ada diambil secara acak. Pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk soal tes. Data dianalisis dengan ANAVA satu Jalur. Berdasarkan hasil penelitian Terdapat perbedaan secara sinifikan antara kelas dengan pembelajaran Model PBI dalam setting tipe STAD, Model PBI, dan Model Konvensional. Model PBI dalam setting kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada pembelajaran model PBI dalam setting kooperatif tipe STAD perolehan skor sebesar 3,52 dan terendah 2,48 dikategorikan tinggi. Kata kunci: BerpikirKreatif, Model PBI, STAD Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang menggunakan model PBI dalam setting kooperatif tipe STAD dengan model PBI dan Model Konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan pre-test dan post-test group design. Sampel penelitian 3 kelas dari 5 kelas yang ada diambil secara acak. Pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk soal tes. Data dianalisis dengan ANAVA satu Jalur. Berdasarkan hasil penelitian Pembelajaran model PBI dalam setting kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada mata kuliah fisiologi tumbuhan di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif antara mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran model PBI dalam setting kooperatif tipe STAD dan mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif antara mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran model PBI dan mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang diajarkan dengan pembelajaran model PBI dalam setting kooperatif tipe STAD dikategorikan ke dalam kelas tinggi. Kata kunci: BerpikirKreatif, Model PBI, STAD |
|
Publisher |
Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember
|
|
Date |
2021-10-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/1109
|
|
Source |
JURNAL BIOSHELL; Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Bioshell, Vol 10, No.2, 2021; 89-97
JURNAL BIOSHELL; Vol 10 No 02 (2021): Jurnal Bioshell, Vol 10, No.2, 2021; 89-97 2623-0321 2301-4105 10.36835/bio.v10i02 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/1109/988
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 JURNAL BIOSHELL
|
|