Record Details

ANALISIS PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE KANCING WARNA PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Education and Human Development Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE KANCING WARNA PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
 
Creator Safitri, Nur Lina
 
Description Abstrak: Mahasiswa yang aktif merupakan mahasiswa yang berani mengungkapkan pendapatya dalam sebuah diskusi baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Tujuan dari penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode kancing warna adalah sebagai salah satu bentuk upaya dalam menigkatkan partisipasi keaktifan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada di dalam kelas dimana dalam hal ini permasalahan yang terjadi adalah kurangnya partisipasi aktif dari mahasiswa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi mahasiswa dan dosen, angket respon mahasiswa, dokumentasi, wawancara serta studi literatur. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi sebanyak 21 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase dari hasil angket respon mengalami perubahan khususnya pada pertanyaan yang mengarah pada keaktifan mahasiswa, menurunnya peran dosen dalam kegiatan belajar mengajar sebagai bukti bahwa mahasiswa mampu berperan aktif dalam proses diskusi tanpa adanya himbauan dari dosen.
Kata Kunci : Keaktifan Mahasiswa, Strategi Belajar Mengajar,Kancing Warna.
 
Publisher Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
 
Date 2019-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1066
10.33086/ehdj.v4i1.1066
 
Source Education and Human Development Journal; Vol. 4 No. 1 (2019): Educatioan and Human Development Journal; 1-10
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 4 No 1 (2019): Educatioan and Human Development Journal; 1-10
2599-0292
2541-0156
10.33086/ehdj.v4i1
 
Language eng
 
Relation https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1066/815
 
Rights Copyright (c) 2019 Nur Lina Safitri
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0