Record Details

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pencemaran Air dan Tanah di SMP Babus Salam Silo

JURNAL BIOSHELL

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pencemaran Air dan Tanah di SMP Babus Salam Silo
 
Creator Hafifah, Wildani
Sudiarti, Diah
Nurjanah, Umi
 
Description Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi pencemaran air dan tanah di SMP Babus Salam Silo, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Babus Salam Silo dalam mempelajari pencemaran air dan pencemaran tanah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus. Metode pengumpulan data dengan tes. Berdasarkan hasil penelitian, persentase hasil belajar siswa pada  pra siklus sebesar 56,5%, siklus I sebesar 70,1% dan siklus II sebesar 76,2%. Hal tersebut membuktikan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengatasi rasa jenuh dalam kegiatan pembelajaran.
 
Publisher Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember
 
Date 2021-01-14
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/918
10.36835/bio.v8i2.918
 
Source JURNAL BIOSHELL; Vol. 8 No. 2 (2019): Oktober; 61-64
JURNAL BIOSHELL; Vol 8 No 2 (2019): Oktober; 61-64
2623-0321
2301-4105
10.36835/bio.v8i2
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/918/845
 
Rights Copyright (c) 2019 JURNAL BIOSHELL