Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pencemaran Air dan Tanah di SMP Babus Salam Silo
JURNAL BIOSHELL
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pencemaran Air dan Tanah di SMP Babus Salam Silo
|
|
Creator |
Hafifah, Wildani
Sudiarti, Diah Nurjanah, Umi |
|
Description |
Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi pencemaran air dan tanah di SMP Babus Salam Silo, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Babus Salam Silo dalam mempelajari pencemaran air dan pencemaran tanah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus. Metode pengumpulan data dengan tes. Berdasarkan hasil penelitian, persentase hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 56,5%, siklus I sebesar 70,1% dan siklus II sebesar 76,2%. Hal tersebut membuktikan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat mengatasi rasa jenuh dalam kegiatan pembelajaran.
|
|
Publisher |
Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember
|
|
Date |
2021-01-14
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/918
10.36835/bio.v8i2.918 |
|
Source |
JURNAL BIOSHELL; Vol. 8 No. 2 (2019): Oktober; 61-64
JURNAL BIOSHELL; Vol 8 No 2 (2019): Oktober; 61-64 2623-0321 2301-4105 10.36835/bio.v8i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/918/845
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 JURNAL BIOSHELL
|
|