Record Details

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Blended Learning Dan Aplikasi Google Classroom Di SMP PGRI Mumbulsari

JURNAL BIOSHELL

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Blended Learning Dan Aplikasi Google Classroom Di SMP PGRI Mumbulsari
 
Creator Samsul, Muhammad
Sudiarti, Diah
Nurjanah, Umi
 
Description Pendidikan Indonesia semakin berkembang, bentuk perkembangan teknologi informasi ditetapkan di dunia pendidikan metode blended learning, blended learning dan google classroom merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memadukan antara kegiatan pembelaaran tatap muka dengan pembelajaran online menggunakan google classroom. Data hasil belajar siswa yang diproleh dari observasi yang dilakukan di kelas VIII SMP PGRI Mumbulsari diproleh data presentase ketuntasan pra siklus 31% siswa masih belum tuntas artinya nilai masih dibawah (KKM=70). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi struktur dan fungsi tumbuhan menggunakan metode blended learning dan google classroom. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian, persentase ketuntasan siklus I sebesar 50% dan siklus II sebesar 86%. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa peningkatan dengan penerapan metode blended learning dan google classroom materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII di SMP PGRI Mumbulsari.
Kata Kunci : Hasil belajar, blended learning dan google classroom.
 
Publisher Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember
 
Date 2020-10-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/785
10.36835/bio.v9i2.785
 
Source JURNAL BIOSHELL; Vol. 9 No. 2 (2020): Oktober; 33-36
JURNAL BIOSHELL; Vol 9 No 2 (2020): Oktober; 33-36
2623-0321
2301-4105
10.36835/bio.v9i2
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/785/708
 
Rights Copyright (c) 2020 JURNAL BIOSHELL