Record Details

Penerapan Model Pembelajaran RCCDE Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di MA Ma’arif Ambulu

JURNAL BIOSHELL

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model Pembelajaran RCCDE Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di MA Ma’arif Ambulu
 
Creator Himmah, Faiqotul
Roudlotul Hikamah, Siti
Nurjanah, Umi
 
Description Keberhasilan pembelajaran abad 21 dapat diukur dengan meningkatnya dan antusiasnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peneliti melakukan wawancara terhadap guru mata pelajaran IPA di kelas XI IPA 2 MA Ma’arif Ambulu, dan diperoleh data bahwa keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 30% dimana data tersebut berarti bahwa siswa siswi- masih kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas hasil belajar siswa dalam mempelajari sistem ekskresi dengan menggunakan model pembelajaran RCCDE. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Prosedur yang digunakan adalah model siklus. Berdasarkan penelitian presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 52,71% dengan kualifikasi cukup aktif dan siklus II dengan presentase 70,00% dengan kualifikasi aktif. Hal tersebut membuktikan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran RCCDE.
 
Publisher Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember
 
Date 2020-10-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/772
10.36835/bio.v9i2.772
 
Source JURNAL BIOSHELL; Vol. 9 No. 2 (2020): Oktober; 51-56
JURNAL BIOSHELL; Vol 9 No 2 (2020): Oktober; 51-56
2623-0321
2301-4105
10.36835/bio.v9i2
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/772/707
 
Rights Copyright (c) 2020 JURNAL BIOSHELL