Penerapan Model Pembelajaran RCCDE Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di MA Ma’arif Ambulu
JURNAL BIOSHELL
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Model Pembelajaran RCCDE Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di MA Ma’arif Ambulu
|
|
Creator |
Himmah, Faiqotul
Roudlotul Hikamah, Siti Nurjanah, Umi |
|
Description |
Keberhasilan pembelajaran abad 21 dapat diukur dengan meningkatnya dan antusiasnya siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Peneliti melakukan wawancara terhadap guru mata pelajaran IPA di kelas XI IPA 2 MA Ma’arif Ambulu, dan diperoleh data bahwa keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 30% dimana data tersebut berarti bahwa siswa siswi- masih kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas hasil belajar siswa dalam mempelajari sistem ekskresi dengan menggunakan model pembelajaran RCCDE. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Prosedur yang digunakan adalah model siklus. Berdasarkan penelitian presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 52,71% dengan kualifikasi cukup aktif dan siklus II dengan presentase 70,00% dengan kualifikasi aktif. Hal tersebut membuktikan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran RCCDE.
|
|
Publisher |
Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember
|
|
Date |
2020-10-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/772
10.36835/bio.v9i2.772 |
|
Source |
JURNAL BIOSHELL; Vol. 9 No. 2 (2020): Oktober; 51-56
JURNAL BIOSHELL; Vol 9 No 2 (2020): Oktober; 51-56 2623-0321 2301-4105 10.36835/bio.v9i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/772/707
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 JURNAL BIOSHELL
|
|