Record Details

Implementasi Sistem Akuaponik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTS Zainul Hasan Balung

JURNAL BIOSHELL

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Sistem Akuaponik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTS Zainul Hasan Balung
Implementasi Sistem Akuaponik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTS Zainul Hasan Balung
 
Creator Nuri, Nuriyatul Laili
Nurjanah, Umi
Hakim, Miftahul
 
Description Pembelajaran IPA Terpadu pada kompetensi dasar interaksi mahluk hidup dengan lingkungan yang berlangsung belum ada media dalam pembelajaran, berdasarkan Penilaian Harian 61,2% yang mecapai ketuntasan, oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan sistem akuaponik sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII.C di MTs. Zainul Hasan Balung, melalui implementasi sistem akuaponik sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII.C MTs. Zainul Hasan Balung yang berjumlah 31 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, wawancara, dan observasi. Analisis data kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Indikator keberhasil diukur dengan persentase ketuntasan klasikal 75% dan nilai KKM 70. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir tindakan terjadi peningkatan hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 90,3%.
Kata Kunci: Media Sistem Akuaponik, Hasil Belajar.
 
Pembelajaran IPA Terpadu pada kompetensi dasar interaksi mahluk hidup dengan lingkungan yang berlangsung belum ada media dalam pembelajaran, berdasarkan Penilaian Harian 61,2% yang mecapai ketuntasan, oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan sistem akuaponik sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII.C di MTs. Zainul Hasan Balung, melalui implementasi sistem akuaponik sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII.C MTs. Zainul Hasan Balung yang berjumlah 31 siswa. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, wawancara, dan observasi. Analisis data kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Indikator keberhasil diukur dengan persentase ketuntasan klasikal 75% dan nilai KKM 70. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pada akhir tindakan terjadi peningkatan hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 90,3%.
Kata Kunci: Media Sistem Akuaponik, Hasil Belajar.
 
Publisher Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember
 
Date 2020-04-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/759
10.36835/bio.v9i1.759
 
Source JURNAL BIOSHELL; Vol. 9 No. 1 (2020): April; 16-20
JURNAL BIOSHELL; Vol 9 No 1 (2020): April; 16-20
2623-0321
2301-4105
10.36835/bio.v9i1
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/759/698
 
Rights Copyright (c) 2020 JURNAL BIOSHELL