Record Details

Penerapan Model RCCDE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Alat Peraga di Smp 01 Islam Jember

JURNAL BIOSHELL

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Model RCCDE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Alat Peraga di Smp 01 Islam Jember
Penerapan Model RCCDE Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Alat Peraga di Smp 01 Islam Jember
 
Creator Jamaliyah
Hikamah, Siti Roudlotul
Nurjanah, Umi
 
Description Model pembelajaran merupakan salah satu alat bantu yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah, dimana siswa tidak memiliki semangat dan motivasi untuk belajar  dan nilai hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah KKM, terutama pada saat ulangan harian. Jenis penelitian ini menggunakan PTK, dengan pengumpulan data menggunakan data kuantitatif yang berasal dari tes kognitif hasil belajar siswa. Dengan nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus 1 sebesar 76. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kognitif siswa sejumlah 81, maka terjadi peningkatan sejumlah 5%. Penerapan model menggunakan model RCCDE (Reading Concept Map Connection   Discussion Evaluation) melalui media alat peraga sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat membantu dalam keberhasilan proses pembelajaran.
Kata kunci: Alat peraga, Hasil belajar, Model RCCDE.
Model pembelajaran merupakan salah satu alat bantu yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah, dimana siswa tidak memiliki semangat dan motivasi untuk belajar dan nilai hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah KKM, terutama pada saat ulangan harian. Jenis penelitian ini menggunakan PTK, dengan pengumpulan data menggunakan data kuantitatif yang berasal dari tes kognitif hasil belajar siswa. Dengan nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus 1 sebesar 76. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kognitif siswa sejumlah 81, maka terjadi peningkatan sejumlah 5%. Penerapan model menggunakan model RCCDE (Reading Concept Map Connection Discussion Evaluation) melalui media alat peraga sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat membantu dalam keberhasilan proses pembelajaran.
 
Publisher Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember
 
Date 2020-04-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/756
10.36835/bio.v9i1.756
 
Source JURNAL BIOSHELL; Vol. 9 No. 1 (2020): April; 21-26
JURNAL BIOSHELL; Vol 9 No 1 (2020): April; 21-26
2623-0321
2301-4105
10.36835/bio.v9i1
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/756/699
 
Rights Copyright (c) 2020 JURNAL BIOSHELL