Record Details

Pengaruh Model Pembelajaran RCCDE (Reading Concept Map Connection Discussion Evaluation) terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Al-Hidayah

JURNAL BIOSHELL

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Model Pembelajaran RCCDE (Reading Concept Map Connection Discussion Evaluation) terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Al-Hidayah
 
Creator Laili, Ade Fushilatul
Hikamah, Siti Roudlotul
Nurjanah, Umi
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran RCCDE (Reading Concept Map Connection Discussion Evaluation) terhadap Hasil Belajar Siswa  pada Sistem Pernafasan pada Manusia Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Karangharjo Silo tahun ajaran 2018/2019, dengan menggunakan sampel penelitian kelas VIII A (kelas eksperimen) dan kelas VIII B (kelas kontrol) dengan pengambilan teknik sampling purpose. Pengambilan data dengan metode tes dan model penelitian Quasi eksperiment dengan model Nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan uji Anova One Way dan Paired Sample Test. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan hasil uji paired sample test yang memiliki nilai thitung > ttabel (thitung sebesar 2.091 pada pre test dan 6.304 pada post test > 1,714) pada uji hopitesis dengan menggunakan nilai sig 0,00. Sehingga  dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran RCCDE terhadap Hasil Belajar Siswa  pada Sistem Pernafasan pada Manusia Kelas VIII di MTs Al-Hidayah Karangharjo Silo.
Kata kunci : model pembelajaran RCCDE, hasil belajar, sistem pernapasan.
 
Publisher Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember
 
Date 2020-12-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/671
10.36835/bio.v8i1.671
 
Source JURNAL BIOSHELL; Vol. 8 No. 1 (2019): APRIL; 32-40
JURNAL BIOSHELL; Vol 8 No 1 (2019): APRIL; 32-40
2623-0321
2301-4105
10.36835/bio.v8i1
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/671/623
 
Rights Copyright (c) 2020 JURNAL BIOSHELL