Record Details

Pengaruh Model Pembelajaran RCCDE terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Nurul Ali

JURNAL BIOSHELL

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Model Pembelajaran RCCDE terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Nurul Ali
 
Creator Farasa Unay, Fiska Bita
Hikamah, Siti Roudlotul
Hakim, Miftahul
 
Description Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RCCDE terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII MTs Nurul Ali pada sistem ekskresi manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah kelas VIII B dan VIII C MTs Nurul Ali. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive, pada kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Penelitian di awali dengan melakukan pre test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai yang di peroleh kelas eksperimen yaitu 60 sedangkan kelas kontrol 51. Hasil post test nilai rata rata siswa pada kelas eksperimen adalah 82 sedangkan nilai kelas kontrol adalah 69. Berdasarkan hasil uji paired sample test, pre test kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki nilai Thitung = 2.812 dan pada post test kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki nilai Thitung = 5839, oleh karena  Thitung ≥ Ttabel maka hipotesis di terima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran RCCDE terhadap hasil belajar siswa.
 Kata Kunci : Model pembelajaran RCCDE, hasil belajar, siswa MTs Nurul Ali.
 
Publisher Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember
 
Date 2020-12-16
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/670
10.36835/bio.v8i1.670
 
Source JURNAL BIOSHELL; Vol. 8 No. 1 (2019): APRIL; 25-31
JURNAL BIOSHELL; Vol 8 No 1 (2019): APRIL; 25-31
2623-0321
2301-4105
10.36835/bio.v8i1
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/670/622
 
Rights Copyright (c) 2019 JURNAL BIOSHELL