Record Details

PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN METODE EKSPERIMEN MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

JURNAL BIOSHELL

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN METODE EKSPERIMEN MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA
 
Creator Munawaroh, Vony Oktavia
-, Suratno
Budiono, Arifin Nur
 
Description             Pembelajaran biologi yang disampaikan oleh guru selama ini kurang menarik dan tidak ada improvisasi dalam penyampaian materi . Hal ini berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang nantinya juga membuat hasil belajar siswa rendah .Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas . Prosedur yang digunakan adalah model siklus yaitu setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi .Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa  : (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode eksperimen efektif dan berpengaruh positif terhadap keaktifan, keefektifan dan prestasi siswa dalam pembelajaran Biologi; (2) Dengan metode eksperimen minat belajar siswa meningkat dari 64,94% menjadi 95,40%; (3)Meningkatnya hasil belajar rata-rata siswa dari 74 menjadi 83 dan meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa dari 62% menjadi 97% dengan model pembelajaran tipe STAD dengan metode eksperimen .Kata Kunci  :  STAD ,  eksperimen , minat , hasil belajar 
 
Publisher Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember
 
Date 2017-06-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/12
 
Source JURNAL BIOSHELL; Vol. 3 No. 1 (2014): BIOSHELL
JURNAL BIOSHELL; Vol 3 No 1 (2014): BIOSHELL
2623-0321
2301-4105
 
Language eng
 
Relation http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/12/12
 
Rights Copyright (c) 2017 BIOSHELL