PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN METODE EKSPERIMEN MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA
JURNAL BIOSHELL
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN METODE EKSPERIMEN MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA
|
|
Creator |
Munawaroh, Vony Oktavia
-, Suratno Budiono, Arifin Nur |
|
Description |
Pembelajaran biologi yang disampaikan oleh guru selama ini kurang menarik dan tidak ada improvisasi dalam penyampaian materi . Hal ini berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang nantinya juga membuat hasil belajar siswa rendah .Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas . Prosedur yang digunakan adalah model siklus yaitu setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi .Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa : (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode eksperimen efektif dan berpengaruh positif terhadap keaktifan, keefektifan dan prestasi siswa dalam pembelajaran Biologi; (2) Dengan metode eksperimen minat belajar siswa meningkat dari 64,94% menjadi 95,40%; (3)Meningkatnya hasil belajar rata-rata siswa dari 74 menjadi 83 dan meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa dari 62% menjadi 97% dengan model pembelajaran tipe STAD dengan metode eksperimen .Kata Kunci : STAD , eksperimen , minat , hasil belajar
|
|
Publisher |
Pendidikan Biologi,Universitas Islam Jember
|
|
Date |
2017-06-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/12
|
|
Source |
JURNAL BIOSHELL; Vol. 3 No. 1 (2014): BIOSHELL
JURNAL BIOSHELL; Vol 3 No 1 (2014): BIOSHELL 2623-0321 2301-4105 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/12/12
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 BIOSHELL
|
|