Record Details

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM

Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM
 
Creator khairuddin, Khairuddin
 
Subject Motivasi Belajar Siswa, Bimbingan Konseling Islam
 
Description Bimbingan dan konseling islam di sekolah dalam membangun keseimbangan antara emosi, intelektual, spiritual dan sikap kepribadian para peserta didik. Kegiatan pembelajaran merupakan proses perubahan dalam perilaku sebagai interaksi antara dirinya dan lingkungannya. Keseluruhan proses pendidikan di sekolah, pembelajaran merupakan aktifitas yang paling utama. Pemahaman guru terhadap pengertian pembelajaran akan mempengaruhi cara guru mengajar, oleh karena itu konselor mempunyai peranan yang besar dalam proses pendidikan di sekolah. Kehidupan siswa yang senantiasa belajar banyak melalui lingkungan baik di rumah ataupun di sekolah. Agar siswa menjadi pribadi yang humanis karena belajar adalah proses humanisasi untuk mengalahkan dehumanisasi. Namun dalam proses pembelajarannya, siswa adalah pribadi yang unik. Berbeda menerima maupun mengejawantahkan dalam setiap pembelajarannya ataupun pada setiap individunya. Dengan adanya perbedaan, maka dalam mendidik, mengajar dan menangani tiap anak didik tentu disesuaikan dengan perbedaan perkembangan, sifat dan karakter anak didik. Perbedaan setiap individu hendaknya menjadi pemahaman orang tua, guru atau siapapun yang berkenaan dengan pendidikan. Karena dengan pemahaman ini diharapkan pendidikan dan pengajaran yang diberikan selaras dengan potensi anak. Sehingga anak dapat mengaktulisasikan potensinya secara optimal. Proses belajar yang dilalui siswa seringkali menemui kendala di sekolah atau di rumah.
 
Publisher Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik
 
Date 2022-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/190
 
Source Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 18 No. 1 (2022): Maret; 72-83
1693-0649
2620-3901
10.54069/attaqwa.v18i1
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/190/138
 
Rights Copyright (c) 2022 Khairuddin khairuddin
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/