Record Details

PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIAH

Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIAH
 
Creator Nisa’, Sofia Khoirun
Maarif, Muhammad Anas
 
Description Artikel ini bertujuan untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis  bagaimana implementasi strategi pembelajaran  CTL pada mata pelajaran di Madrasah Diniah Mambaul Ulum Desa Wedoroanom Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Artikel ini menggunakan suatu pendekatan studi kasus, dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah a) Guru fiqih melakukan kegiatan praktek shalat b) pembiasaan shalat asar berjamaah. Implikasinya dapat terlihat dari 4 kompetensi (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan) yang dapat terpenuhi. Hasil implikasi strategi pembelajaran CTL pada mata pelajaran Fiqih dalam sikap sosial yakni Santri lebih memiliki tanggungjawab yang besar, memiliki kepecayaan diri dalam belajar, Keberanian mereka dalam berhubungan dengan teman lainnya menjadi bertambah, Hubungan dengan guru menjadi lebih dekat, serta keteladanan dari masing-masing teman bisa membawa dampak positif untuk saling mencontoh. 
 
Publisher Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik
 
Date 2021-09-03
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/148
10.54069/attaqwa.v17i02.148
 
Source Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 17 No. 02 (2021): September; 94-105
1693-0649
2620-3901
10.54069/attaqwa.v17i02
 
Language eng
 
Relation https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/148/89
 
Rights Copyright (c) 2021 Sofia Khoirun Nisa’, Muhammad Anas Maarif
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/