PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIAH
Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIAH
|
|
Creator |
Nisa’, Sofia Khoirun
Maarif, Muhammad Anas |
|
Description |
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi strategi pembelajaran CTL pada mata pelajaran di Madrasah Diniah Mambaul Ulum Desa Wedoroanom Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Artikel ini menggunakan suatu pendekatan studi kasus, dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya adalah a) Guru fiqih melakukan kegiatan praktek shalat b) pembiasaan shalat asar berjamaah. Implikasinya dapat terlihat dari 4 kompetensi (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan) yang dapat terpenuhi. Hasil implikasi strategi pembelajaran CTL pada mata pelajaran Fiqih dalam sikap sosial yakni Santri lebih memiliki tanggungjawab yang besar, memiliki kepecayaan diri dalam belajar, Keberanian mereka dalam berhubungan dengan teman lainnya menjadi bertambah, Hubungan dengan guru menjadi lebih dekat, serta keteladanan dari masing-masing teman bisa membawa dampak positif untuk saling mencontoh.
|
|
Publisher |
Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Daruttaqwa Gresik
|
|
Date |
2021-09-03
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/148
10.54069/attaqwa.v17i02.148 |
|
Source |
Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam; Vol. 17 No. 02 (2021): September; 94-105
1693-0649 2620-3901 10.54069/attaqwa.v17i02 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/148/89
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Sofia Khoirun Nisa’, Muhammad Anas Maarif
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/ |
|