Record Details

Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika

Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika
 
Creator Ratnasari, Khurin In
Rudi Masruhin, Ahmad
 
Description Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematika dalam materi pecahan setelah diterapkan model pembelajaran Inquiry di kelas VI MI Al-Islammiyah Kedungrejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk essay sebanyak 7 soal, lembar observasi dan angket untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 terhadap data posttest diperoleh thitung > ttabel yaitu 20,36 > 2,056 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Peningkatan nilai gain score mencapai 0,59 dengan kategori sedang. Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan matematika (Pecahan) VI MI Al-Islammiyah Kedungrejo
 
Publisher Program Studi PGMI, IAI Al-Falah As-Sunniyyah Kencong
 
Date 2019-05-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/166
10.36835/au.v1i1.166
 
Source Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol 1 No 1 (2019): APRIL; 100-109
2656-9523
2657-1269
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/166/148
10.36835/au.v1i1.166.g148
 
Rights Copyright (c) 2019 Khurin In Ratnasari
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0