Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika
Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika
|
|
Creator |
Ratnasari, Khurin In
Rudi Masruhin, Ahmad |
|
Description |
Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematika dalam materi pecahan setelah diterapkan model pembelajaran Inquiry di kelas VI MI Al-Islammiyah Kedungrejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk essay sebanyak 7 soal, lembar observasi dan angket untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 terhadap data posttest diperoleh thitung > ttabel yaitu 20,36 > 2,056 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya. Peningkatan nilai gain score mencapai 0,59 dengan kategori sedang. Jadi, berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan matematika (Pecahan) VI MI Al-Islammiyah Kedungrejo
|
|
Publisher |
Program Studi PGMI, IAI Al-Falah As-Sunniyyah Kencong
|
|
Date |
2019-05-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/166
10.36835/au.v1i1.166 |
|
Source |
Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Vol 1 No 1 (2019): APRIL; 100-109
2656-9523 2657-1269 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/166/148
10.36835/au.v1i1.166.g148 |
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Khurin In Ratnasari
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|