Record Details

PKM Pendampingan Speaking Skill dengan Metode TROPIG di Wilayah Al Hasyimiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid

GUYUB: Journal of Community Engagement

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PKM Pendampingan Speaking Skill dengan Metode TROPIG di Wilayah Al Hasyimiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid
 
Creator Islam, Syaiful
Azizah, Nur
Qomariyah, Rifdatul
Fitria, Anis
Hamidah, Nurul
Masrufah, Masrufah
 
Subject
Speaking skill; TROPIG; Pesantren Nurul Jadid
 
Description Bahasa Inggris menjadi salah satu materi yang sulit diterima oleh siswa/i. Pendampingan ini berfokus pada peningkatan speaking skill siswi SMP Nurul Jadid yang berada di wilayah Al Hasyimiyah. Pembelajaran konvensional masih digunakan oleh para tutor di wilayah Al-Hasyimiyah. Untuk itu, metode yang digunakan adalah TROPIG (Total Physical Response, Role Play, Peer Tutoring dan Jigsaw). Keempat metode ini telah membantu dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Total Physical Response membantu siswa untuk melatih kemampuan psikomotorik siswa. Role Play dan Peer Tutoring merupakan metode yang melatih kemampuan kognitif siswa, sedangkan metode Jigsaw melatih kemampuan interpersonal dan intrapersonal siswa. Secara umum, siswa merasa terbantu dalam pembelajaran dengan menggunakan empat metode ini. Terbukti, siswa lebih percaya diri dalam berbicara didepan umum dan juga efektivitas pembelajaran terjadi
 
Publisher Universitas Nurul Jadid
 
Contributor
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/guyub/article/view/2170
10.33650/guyub.v2i2.2170
 
Source GUYUB: Journal of Community Engagement; Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-19; 202-210
2723-1224
2723-1232
10.33650/guyub.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/guyub/article/view/2170/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Syaiful Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0