Record Details

PKM Pendampingan Penyusunan Kurikulum Sekolah Ramah Anak pada Taman Kanak Kanak (TK) Az-Zainiyah II Paiton Probolinggo

GUYUB: Journal of Community Engagement

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PKM Pendampingan Penyusunan Kurikulum Sekolah Ramah Anak pada Taman Kanak Kanak (TK) Az-Zainiyah II Paiton Probolinggo
 
Creator R, Abu Hasan Agus
Mashunah, Durratul
Hostin, Hostin
Mashunah, Hilyah
Rahayu, Siti
Zakiyah, Atik Hikmatuz
 
Subject education, curriculum
Kurikulum; Sekolah; Ramah Anak; TK Az-Zainiyah II
 
Description Konsep Sekolah Ramah Anak yang diterapkan di Taman Kanak-Kanak Az Zainiyah II Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggomerupakan program untuk mewujudkan  kondisi aman, bersih, sehat, peduli, dan berbudaya lingkungan hidup, yang mampu menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, dan perlakuan salah lainnya, selama anak berada di satuan pendidikan, serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran dan pengawasan. PKM ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kurikulum sekolah ramah anak pada TK Az-Zainiyah II Paiton Probolinggo. Sekolah Ramah Anak bukanlah membangun sekolah baru, namun mengkondisikan sebuah sekolah menjadi nyaman bagi anak, serta memastikan sekolah memenuhi hak anak dan melindunginya, karena sekolah menjadi rumah kedua bagi anak, setelah rumahnya sendiri. Pendampingan ini dilakukan untuk melaksanakan kurikulum ramah anak di TK Az Zainiyah Karanganyar agar mamapu menerjemahkan keinginan pemerintah dalam melaksanakan sekolah yang aman, bersih, sehat dan berdampak pada bukan hanya warga sekolah tetapi pada lingkungan sekolah yang peduli terhadap anak.
 
Publisher Universitas Nurul Jadid
 
Contributor
 
Date 2021-08-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/guyub/article/view/2252
10.33650/guyub.v2i2.2252
 
Source GUYUB: Journal of Community Engagement; Vol 2, No 2 (2021): Pendampingan Lembaga Pendidikan dan Media Pembelajaran Teknologi di Masa Covid-19; 303-312
2723-1224
2723-1232
10.33650/guyub.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/guyub/article/view/2252/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Abu Hasan Agus R, Durratul Mashunah, Hostin Hostin, Hilyah Mashunah, Siti Rahayu, Atik Hikmatuz Zakiyah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0