Record Details

INKULTURASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TENGAH PERBEDAAN MULTIKULTUR RAS, SUKU, DAN AGAMA: Studi Kasus di Yayasan Bali Bina Insani Tabanan Bali

TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title INKULTURASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TENGAH PERBEDAAN MULTIKULTUR RAS, SUKU, DAN AGAMA: Studi Kasus di Yayasan Bali Bina Insani Tabanan Bali
 
Creator Arifin, Hirtsul
 
Subject
pendidikan multikultural; konsep; praktik
 
Description Pendidikan multikultural tetap menjadi isu penting dewasa ini, apalagi kondisi sosial dihadapkan pada tantangan gerakan radikalisme yang semakin terbuka. Pendidikan multikultural dapat dijadikan sebagai gerakan anti radikalisme. Tulisan ini mengurai permasalahan pendidikan multikultural di Pesantren Bali Bina Insani. Secara konsep, pendidikan multikultural di Pesantren Bali Bina Insani (BBI) ditandai dengan civitas yang beragam. Terdapat guru dan pegawai Muslim dan non Muslim (Hindu). Santri-santri juga beragam. Materi pelajaran bersifat inklusif-toleran. Pendekatan dan strategi pembelajarannya variatif. Evaluasinya komprehensif. Lingkungannya plural. Pesantren BBI menghargai perbedaan dan mengedepankan persamaan. Ia memiliki wawasan, sikap dan perilaku toleransi organik. Pendidikan multikultural didesain sebagai strategi adaptasi di daerah minoritas Muslim. Melalui pendidikan multikultural, Pesantren BBI diterima dengan baik oleh masyarakat Hindu. Ia tumbuh berkembang secara kelembagaan; adanya jalinan kerjasama sosial antara masyarakat dengan Pesantren BBI; masyarakat berpartisipasi dalam mengontrol perilaku santri. Respon masyarakat juga baik, mereka hidup rukun dan saling bekerjasama secara mutual simbiosis.
 
Publisher Universitas Nurul Jadid
 
Contributor
 
Date 2021-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2864
10.33650/trilogi.v2i1.2864
 
Source TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora; Vol 2, No 1 (2021): Sains dan Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi; 81-93
2774-4582
2774-4574
10.33650/trilogi.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2864/1055
 
Rights Copyright (c) 2021 Hirtsul Arifin
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0