Record Details

Pengaruh Metode Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun'im Paiton Probolinggo

TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Metode Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Google Classroom terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun'im Paiton Probolinggo
 
Creator Listrianti, Feriska
Munawwaroh, Lailatul
Arifa, Sayyidatul
Aisyah, Siti
 
Subject
Pembelajaran Daring; Pelajaran IPS; Hasil Belajar
 
Description Pembelajaran   daring   menjadi   pembelajaran   alternatif   ditengah   Pandemi   pada anak Sekolah  Dasar  untuk mata pelajaran  IPS. Situasi ini membuat sebagian siswa   merasa jenuh dikarenakan metode pembelajarannya monoton melalui  metode ceramah  dan beban tugas. Gurudituntut untuk dapat menguasai berbagaimacam platformpembelajaranyangtelah disediakandengan kapasitas untuk meningkatkan motivasi belajar dari siswa. Penelitian ini bertujuan mengkoneksikan pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom pada mata pelajaran IPS bagi siswa kelas VI MI Nurul Mun'im. Metode yang digunakan adalah teknik analisis dataset pre eksperimen dengan menggunakan desain intact grup comperision. Data diambil pada kelas VI berjumlah 28 peserta didik dibagi 2 kelas yaitu kelas VI B dan VI C masing-masing  berjumlah 14 peserta didik sebagai kelas kelompok kontrol dan eksperimen, dengan nilai Mean (nilai rata - rata) untuk klompok eksperimen dengan Mean (nilai rata - rata) 89.63 serta untuk kelompok kontrol 80.78, difference 8.85. Analisis dari  Mann Whitney menghasilkan nilai dari p-valuue 0,00<0,05 yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran daring pada hasil dari proses belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kasimpulannya, ada perbedaan signifikan antara proses pembelajaran daring Google classroom dengan teknik pembelajara secara konvensional. Hasil penelitian ini memberikan manfaat serta masukan bagi guru MI Nurul Mun'in untuk mengimplemintasikan model pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil prestasi belajar siswa dimana kususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
 
Publisher Universitas Nurul Jadid
 
Contributor Universitas Nurul Jadid
 
Date 2021-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2204
10.33650/trilogi.v2i2.2204
 
Source TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora; Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19; 71-76
2774-4582
2774-4574
10.33650/trilogi.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2204/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Feriska Listrianti
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0