Record Details

Manajemen Pengembangan Kurikulum Berorientasi pada Pembentukan Karakter

TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Manajemen Pengembangan Kurikulum Berorientasi pada Pembentukan Karakter
 
Creator Rifa’i, Moh
Al Zahra, Fatimah
Abdurrahman, Abdurrahman
Saad, Mukhlisin
 
Subject
Manajemen; Pengembangan Kurikulum; Pembentukan Karakter
 
Description Wujud karakter manusia tidak dapat begitu saja lahir dengan perilaku yang baik. Karakter baik perlu ditanamkan dan dibiasakan selalu terjadi pada manusia, di mana ia selalu beraktivitas dan berinteraksi bersama sesamanya. Lembaga pendidikan melalui programnya merupakan tempat yang tepat untuk penanaman dan pembiasaan karakter yang baik. Namun keadaan ini tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Semua elemen dari struktur tertinggi sampai terendah pada lembaga pendidikan harus bisa menyempatkan, mampu, dan berkemauan untuk berpartisipasi dalam menjadikan karakter baik itu tercipta pada setiap diri peserta didik. Oleh karena itu perlu kebijakan dan manajemen pengembangan kurikulum berbasis karakter yang terencana pada lembaga pendidikan tersebut. Pembahasan dalam artikel ini dianalisis melalui berbagai referensi (pustaka) tentang manajemen pendidikan karakter kontemporer, dikuatkan melalui observasi dan interview terhadap beberapa pihak pemangku lembaga pendidikan kontemporer. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen pengembangan kurikulum yang berorientasi pada pembentukan karakter dapat dilakukan melalui kombinasi metode yang integrated dalam kurikulum antara lain, metode uswatun hasanah (role model), simulasi praktik (experiential learning), ikon dan afirmasi (icon and affirmation), kekuatan kharisma (charismatic power), 99 Asma’ul Husna (99 Names of Allah), membangun kesepakatan nilai keunggulan, dan penggunaan metafora dengan tetap memperhatikan nilai-nilai pendidikan karakter pada setiap mata pelajaran, prinsip, dan inovasi pengembangan kurikulum berorientasi pada pembentukan karakter baik bagi peserta didik.
 
Publisher Universitas Nurul Jadid
 
Contributor
 
Date 2021-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2708
10.33650/trilogi.v2i2.2708
 
Source TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora; Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19; 126-136
2774-4582
2774-4574
10.33650/trilogi.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2708/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Moh Rifa’i, Fatimah Al Zahra, Abdurrahman Abdurrahman, Mukhlisin Saad
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0