Manajemen Pengembangan Kurikulum Berorientasi pada Pembentukan Karakter
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Manajemen Pengembangan Kurikulum Berorientasi pada Pembentukan Karakter
|
|
Creator |
Rifa’i, Moh
Al Zahra, Fatimah Abdurrahman, Abdurrahman Saad, Mukhlisin |
|
Subject |
—
Manajemen; Pengembangan Kurikulum; Pembentukan Karakter |
|
Description |
Wujud karakter manusia tidak dapat begitu saja lahir dengan perilaku yang baik. Karakter baik perlu ditanamkan dan dibiasakan selalu terjadi pada manusia, di mana ia selalu beraktivitas dan berinteraksi bersama sesamanya. Lembaga pendidikan melalui programnya merupakan tempat yang tepat untuk penanaman dan pembiasaan karakter yang baik. Namun keadaan ini tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Semua elemen dari struktur tertinggi sampai terendah pada lembaga pendidikan harus bisa menyempatkan, mampu, dan berkemauan untuk berpartisipasi dalam menjadikan karakter baik itu tercipta pada setiap diri peserta didik. Oleh karena itu perlu kebijakan dan manajemen pengembangan kurikulum berbasis karakter yang terencana pada lembaga pendidikan tersebut. Pembahasan dalam artikel ini dianalisis melalui berbagai referensi (pustaka) tentang manajemen pendidikan karakter kontemporer, dikuatkan melalui observasi dan interview terhadap beberapa pihak pemangku lembaga pendidikan kontemporer. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa manajemen pengembangan kurikulum yang berorientasi pada pembentukan karakter dapat dilakukan melalui kombinasi metode yang integrated dalam kurikulum antara lain, metode uswatun hasanah (role model), simulasi praktik (experiential learning), ikon dan afirmasi (icon and affirmation), kekuatan kharisma (charismatic power), 99 Asma’ul Husna (99 Names of Allah), membangun kesepakatan nilai keunggulan, dan penggunaan metafora dengan tetap memperhatikan nilai-nilai pendidikan karakter pada setiap mata pelajaran, prinsip, dan inovasi pengembangan kurikulum berorientasi pada pembentukan karakter baik bagi peserta didik.
|
|
Publisher |
Universitas Nurul Jadid
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-09-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2708
10.33650/trilogi.v2i2.2708 |
|
Source |
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora; Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19; 126-136
2774-4582 2774-4574 10.33650/trilogi.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2708/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Moh Rifa’i, Fatimah Al Zahra, Abdurrahman Abdurrahman, Mukhlisin Saad
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|