Analisis Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat di Desa Alassumur Lor Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat di Desa Alassumur Lor Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo
|
|
Creator |
Junaedi, Deddy
Lindawati, Lindawati Alfiatun, Alfiatun |
|
Subject |
—
Program Keluarga Harapan; Kesejahteraan Masyarakat |
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak perekonomian masyarakat desa Alassumur Lor setelah menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari pemerintah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan deskriptif kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data-data yang merupakan gambaran hasil pelaksanaan program PKH. Program Keluarga Harapan merupakan salah satu program pemberian bantuan sosial pada keluarga miskin yang rentan oleh Kementerian Sosial RI dengan berbagai syarat. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan PKH dalam meningkatkan taraf kesehatan desa Alassumur Lor Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo terdapat beberapa kendala, yaitu pendamping desa dalam melakukan perannya dengan baik, serta kurangnya kesadaran peserta PKH dalam melaksanakan komitmen sesuai dengan yang ditentukan. 2) Adanya hambatan-hambatan dalam pelaksanaan PKH dalam meningkatkan kesehatan masyarakat desa Alassumur Lor Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo, antara lain: dalam proses pemutakhiran data peserta PKH, proses penyelesaian pengaduan belum dapat diselesaikan oleh pendamping secara cepat, keterbatasan sumber daya pendambing. 3) Adanya upaya-upaya yang ditempuh dalam mengatasi hambatan-hambatan yang timbul dalam pelaksanaan PKH desa Alassumur Lor Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo antara lain meningkatkan pertemuan dengan masyarakat untuk melakukan diskusi terkait penyelesaian masalah PKH, melakukan pendekatan dan pengawalan setiap pengaduan masyarakat, meningkatkan kerjasama dengan petugas kesehatan.
|
|
Publisher |
Universitas Nurul Jadid
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-12-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2838
10.33650/trilogi.v2i3.2838 |
|
Source |
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora; Vol 2, No 3 (2021): Pengembangan Teknologi dan Kesehatan di Lembaga Keagamaan; 342-347
2774-4582 2774-4574 10.33650/trilogi.v2i3 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2838/pdf
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Deddy Junaedi
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|