Record Details

Efektivitas Pembelajaran Luring pada Mata Pelajaran Matematika selama Pandemi Covid-19

TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektivitas Pembelajaran Luring pada Mata Pelajaran Matematika selama Pandemi Covid-19
 
Creator Fajri, Zaenol
Junaidi, Sukron
Alfarisi, Hamdani
 
Subject PIAUD FAI UNIVERSITAS NURUL JADID
Efektivitas; Pembelajaran Luring; Matematika
 
Description Covid-19 di Indonesia berpengaruh pada sitem pendidikan. Untuk meminimalisir penyebaran virus, pembelajaran dilakukan dari rumah secara daring. Namun, di lapangan banyak kendala pelaksanaan pembelajaran daring, termasuk di SDN Wonosuko 2 Bondowoso. Pertama, siswa tidak memiliki media belajar online. Kedua, tempat tinggal siswa kesulitan sinyal seluler. Ketiga, pelajaran Matematika sulit dipelajari secara daring. Maka, solusi terbaik tetap melaksanakan pembelajaran dengan cara luring (guru mendatangi siswa belajar berkelompok). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran luring pada mata pelajaran Matematika Siswa Kelas 6 SDN Wonosuko 2 Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif melalui observasi, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran secara luring dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran Matematika pada siswa kelas VI SDN Wonosuko 2 Bondowoso dan dapat membantu siswa dalam memamahami materi pelajaran dengan baik meskipun masih ada beberapa kendala yang dihadapi.
 
Publisher Universitas Nurul Jadid
 
Contributor
 
Date 2021-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2739
10.33650/trilogi.v2i2.2739
 
Source TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora; Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19; 184-192
2774-4582
2774-4574
10.33650/trilogi.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2739/pdf
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/downloadSuppFile/2739/472
 
Rights Copyright (c) 2021 Zaenol Fajri, Sukron Junaidi, Hamdani Alfarisi
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0