Implementasi Evaluasi Pembelajaran Daring (Online) melalui Home Visit
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Evaluasi Pembelajaran Daring (Online) melalui Home Visit
|
|
Creator |
Tohet, Moch
Abdillah, Moh. Bagus Al Rizki, Adam Hakim |
|
Subject |
—
evaluasi pembelajaran; pembelajaran online; home visit |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi pembelajaran daring melalui kunjungan rumah (home visit), yang diharapkan juga dapat membangun hubungan yang baik antara pihak sekolah, orang tua, dan peserta didik yang bersangkutan. Tujuan dari home visit ini adalah untuk memahami lebih dalam lingkungan peserta didik sehari-hari di rumah, dan mendiskusikan masalah mereka dengan orang tuanya. Penelitian ini dilakukan di Madarasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im, lembaga pendidikan formal tingkat dasar berciri khas agama (setingkat SD). Lokasi ini dipilih karena memiliki daya tarik tersendiri, di antaranya karena madarasah ini berada di lokasi pondok pesantren dan di bawah naungan Yayasan Nurul Jadid Paiton Probolinggo, di mana peserta didiknya ada yang mukim/tinggal di pesantren, dan ada yang tinggal di rumah bersama dengan kelurganya, yang menimbulkan problemnya tersendiri dalam melakukan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, datanya diperoleh berdasarkan observasi dan keikutsertaan peneliti, kemudian dioleh dengan dilakukan deskripsi atas data yang sudah diperoleh, selanjutnya dianalisis untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru MI Nurul Mun’im mengalami sedikit kesusahan dalam melakukan evaluasi pembelajaran, kesulitan menilai indikator pencapaian peserta didik, kesulitan memberikan contoh dari nilai-nilai kejujuran, dan juga kurangnya dan beberapa faktor kesibukan kerja dari orang tua yang membuat tidak mampu mendampingi anaknya, juga kurangnya pengetahuan orangtua dalam menggunakan aplikasi pembelajaran. Dengan adanya kunjungan rumah atau home visit pendidik dapat memberikan solusi dan dapat membangun hubungan yang baik dengan orang tua dengan tujuan agar proses pembelajaran daring dapat berjalan dengan maksimal.
|
|
Publisher |
Universitas Nurul Jadid
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-09-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2755
10.33650/trilogi.v2i2.2755 |
|
Source |
TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora; Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19; 173-183
2774-4582 2774-4574 10.33650/trilogi.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2755/pdf
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/downloadSuppFile/2755/475 |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 MOCH TOHET TOHET
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|