Record Details

Inklusivitas dan Responsivitas Pesantren dalam Penanganan Pandemi Covid 19: Telaah Hidden Curriculum Pembelajaran di Pondok Pesantren Nurul Jadid

TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Inklusivitas dan Responsivitas Pesantren dalam Penanganan Pandemi Covid 19: Telaah Hidden Curriculum Pembelajaran di Pondok Pesantren Nurul Jadid
 
Creator BZ, Zakiyah
Hasnah, Uswatun
Rahmah, Nafistur
 
Subject
responsivitas; iklusivitas; pondok pesantren; hidden curriculum; Covid-19
 
Description Tulisan ini menjelaskan inklusivitas dan responsivitas Pesantren Nurul Jadid dalam penanganan Pandemi Covid-19 melalui penerapan hidden curriculum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan fenomenologis. Data  primer dalam riset ini adalah pelaksanaan kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) dalam menangani Pandemi Covid-19 di Pesantren Nurul Jadid selama Pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pesantren Nurul Jadid telah melaksanakan serangkaian nilai, perspektif, dan fungsi tak terlihatnya (hidden curriculum) dalam proses pembelajaran formal dan nonformal, dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dibentuknya Satuan Tugas Covid-19 yang secara khusus bertugas menyusun metode dan strategi penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Pesantren Nurul Jadid. Selain itu, pesantren ini juga membangun kerjasama dengan beberapa elemen pemerintah, baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat, untuk mendukung terbentuknya kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan di berbagai aspek kehidupan pesantren. Hal ini menjukkan bahwa Pesantren Nurul Jadid mampu bersikap terbuka (inklusif) dan tanggap (responsif) dalam menyelenggarakan proses pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
 
Publisher Universitas Nurul Jadid
 
Contributor
 
Date 2021-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2213
10.33650/trilogi.v2i2.2213
 
Source TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora; Vol 2, No 2 (2021): Pengembangan Pendidikan dan Ekonomi Pesantren di Masa Pandemi COVID-19; 77-83
2774-4582
2774-4574
10.33650/trilogi.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/trilogi/article/view/2213/pdf
 
Rights Copyright (c) 2021 Zakiyah BZ, Uswatun Hasnah, Nafistur Rahmah
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0