Record Details

STRATEGI PENINGKATAN PROFIT USAHA RITEL PADA PONDOK PESANTREN

PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STRATEGI PENINGKATAN PROFIT USAHA RITEL PADA PONDOK PESANTREN
 
Creator Rifai, Moh
 
Subject

 
Description Peningkatan profit usaha ritel merupakan tujuan utama dalam pengelolaan usaha perdagangan. Implikasinya berkontribusi terhadap kesejahteraan dan pengembangan usaha-usaha ritel yang lain. Namun tidak semua manajer dapat fokus melakukan peningkatan profit bagi usaha ritel yang dikelolanya. Sekian banyak usaha tersebut sekedar berjalan begitu saja namun belum memenuhi target yang dibutuhkan, disebabkan oleh berbagai alasan yang berkembang. Tentu dalam hal ini perlu ditemukan solusi dengan cara belajar melalui penelitian agar dapat menemukan strategi-strategi yang efektif dan efisien untuk dilakukan dalam meningkatkan profit usaha ritel. Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan strategi peningkatan profit usaha ritel pada MJ Swalayan di Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Kraksaan Probolinggo. Pendekatan penelitiannya adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Sedangkan teknik analisis data yang diterapkan adalah model Miles dan Huberman dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Dengan uji keabsahan data melalui kredibilitas dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam rangka meningkatkan profit usaha ritel, manajemen MJ Swalayan menggunakan strategi-strategi sebagai berikut; rekrutmen dan seleksi SDM Profesional, implementasi SOP (Standard Operating Prosedure) layanan ritel, implementasi controlling, ideal merchandising, melengkapi barang dagangan, menjalin kerjasama, implementasi otomatic system harga ritel dan grosir, implementasi penentuan low pricing, FGC (Focus Group Discussion) secara berkala, dan direct response dan problem solving.
 
Publisher Nurul Jadid University
 
Contributor
 
Date 2022-01-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/profit/article/view/1591
10.33650/profit.v4i2.1591
 
Source JURNAL PROFIT; Vol 4, No 2 (2020): ECONOMIC MARKETING
PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah; Vol 4, No 2 (2020): ECONOMIC MARKETING
JURNAL PROFIT; Vol 4, No 2 (2020): ECONOMIC MARKETING
2597-9434
2685-4309
10.33650/profit.v4i2
 
Language en
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/profit/article/downloadSuppFile/1591/289
 
Rights Copyright (c) 2022 Moh Rifai
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0