STRATEGI PENINGKATAN PROFIT USAHA RITEL PADA PONDOK PESANTREN
PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PENINGKATAN PROFIT USAHA RITEL PADA PONDOK PESANTREN
|
|
Creator |
Rifai, Moh
|
|
Subject |
—
— |
|
Description |
Peningkatan profit usaha ritel merupakan tujuan utama dalam pengelolaan usaha perdagangan. Implikasinya berkontribusi terhadap kesejahteraan dan pengembangan usaha-usaha ritel yang lain. Namun tidak semua manajer dapat fokus melakukan peningkatan profit bagi usaha ritel yang dikelolanya. Sekian banyak usaha tersebut sekedar berjalan begitu saja namun belum memenuhi target yang dibutuhkan, disebabkan oleh berbagai alasan yang berkembang. Tentu dalam hal ini perlu ditemukan solusi dengan cara belajar melalui penelitian agar dapat menemukan strategi-strategi yang efektif dan efisien untuk dilakukan dalam meningkatkan profit usaha ritel. Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan strategi peningkatan profit usaha ritel pada MJ Swalayan di Pondok Pesantren Al-Mashduqiah Kraksaan Probolinggo. Pendekatan penelitiannya adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Sedangkan teknik analisis data yang diterapkan adalah model Miles dan Huberman dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Dengan uji keabsahan data melalui kredibilitas dengan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam rangka meningkatkan profit usaha ritel, manajemen MJ Swalayan menggunakan strategi-strategi sebagai berikut; rekrutmen dan seleksi SDM Profesional, implementasi SOP (Standard Operating Prosedure) layanan ritel, implementasi controlling, ideal merchandising, melengkapi barang dagangan, menjalin kerjasama, implementasi otomatic system harga ritel dan grosir, implementasi penentuan low pricing, FGC (Focus Group Discussion) secara berkala, dan direct response dan problem solving.
|
|
Publisher |
Nurul Jadid University
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-01-06
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Identifier |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/profit/article/view/1591
10.33650/profit.v4i2.1591 |
|
Source |
JURNAL PROFIT; Vol 4, No 2 (2020): ECONOMIC MARKETING
PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah; Vol 4, No 2 (2020): ECONOMIC MARKETING JURNAL PROFIT; Vol 4, No 2 (2020): ECONOMIC MARKETING 2597-9434 2685-4309 10.33650/profit.v4i2 |
|
Language |
en
|
|
Relation |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/profit/article/downloadSuppFile/1591/289
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Moh Rifai
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|