Record Details

MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN BERBASIS COIN PRO 2 (Studi komparasi pembelajaran tahfidz di Turki, Malaysia dan Indonesia)

EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN BERBASIS COIN PRO 2 (Studi komparasi pembelajaran tahfidz di Turki, Malaysia dan Indonesia)
 
Creator Noer, Syaifudin
Fatimatur Rusydiyah, Evi
 
Subject

 
Description Untuk melihat berbagai kendala di dalam proses pembelajaran tahfidzul quran tentu dibutuhkan model evaluasi Coin Pro 2. Model evaluasi Coin Pro 2 digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tahfidz, baik pembelajaran tahfidz yang telah berkembang di Turkey, Malaysia dan Indonesia, serta sebagai solusi untuk hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz tersebut. Model pembelajaran tahfidz di Turkey diantaranya sepuluh kali khatam (untuk pra tahfidz), Chi (Penghafal baru), Zor Pismis, Kolay Pismis, Tikrar, Tikrar Hepsi Seyfa, dan Has. Berbeda dengan pembelajaran tahfidz di Malaysia diantaranya Sabak, Para Sabak, Ammokhtar dan Halaqah Dauri. Sedangkan di Indonesia, terdapat metode pembelajaran tahfidz dengan setoran, murajaah, dam sima’an. Konsep Coin Pro 2 (Contex, Input, Process, dan Product) memiliki beberapa komponen. Pada evaluasi konteks, dukungan kebijakan sekolah, mulai dari target hafalan minimal siswa, alokasi waktu serta system penilain tahfidz yang terintegrasi dengan kurikum sekolah. Pada Input, ketersedian  guru tahfidz dan kompetensinya, kemampuan awal siswa dalam membaca Al Qur’an, desain dan Perencanaan pembelajaran tahfidz, mushaf khusus untuk menghafal, modul penilaian dan pencatatan perkembangan hafalan siswa, dan kelas/Ruang yang representative. Pada evaluasi proses, siswa menambah hafalan baru, menyetorkannya, murajaah dan saling menyimak hafalan temannya. Yang terakhir, evaluasi produk, diantaranya kemampuan siswa membaca hafalan dengan baik dan lancar sesuai dengan target capaian yang telah ditentukan.
 
Publisher Nurul Jadid University Paiton Probolinggo, East Java
 
Contributor
 
Date 2020-05-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/1128
10.33650/edureligia.v3i2.1128
 
Source JURNAL EDURELIGIA; Vol 3, No 2 (2019); 138-150
EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2 (2019); 138-150
2579-5694
2549-4821
10.33650/edureligia.v3i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/1128/pdf
 
Rights Copyright (c) 2020 Syaifudin Noer
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0