Record Details

COOPERATIF LEARNING SEBAGAI UPAYA MEMBANGKITKAN KEMBALI EXTINCTION MOTIVASI BELAJAR

EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title COOPERATIF LEARNING SEBAGAI UPAYA MEMBANGKITKAN KEMBALI EXTINCTION MOTIVASI BELAJAR
 
Creator Hambali, Hambali
 
Description Extinction motivasi belajar merupakan salah satu fenomena-fenomena dalam kondisioning klasik, yang artinya menurunnya frekuensi respon bersyarat bahkan akhirnya menghilangnya respon bersyarat akibat ketiadaan stimulus alami dalam proses kondisioning atau secara singkat dapat diartikan hilangnya perilaku akibat dari dihilangkannya reinforcers. Upaya sadar untuk menumbuhkan extinction motivasi belajar diawali  dari lima klasifikasi strategi pembelajaran; direct instruction, indirect instruction, interaktif, empirik dan mandiri. Hal tersebut berakar pada satu dasar teori nativisme bahwa setiap manusia dilahirkan telah memiliki potensi karena bawaan atau faktor genetika. Faktor inilah yang harus diakomodir oleh guru untuk dapat membantu siswa menumbuhkan potensi siswa sesuai dengan model dan strategi pembelajaran yang berpusat pada murid atau yang biasa disebut dengan Student Centered. Cooperative learning atau pembelajaran kooperatif adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Pembelajaran kooperatif menciptakan interaksi yang asah, asih dan asuh, sehingga tercipta masyarakat belajar. Siswa tidak hanya belajar dari guru tetapi juga dari sesama siswa.
 
Publisher Nurul Jadid University Paiton Probolinggo, East Java
 
Contributor
 
Date 2018-04-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/43
10.33650/edureligia.v1i2.43
 
Source JURNAL EDURELIGIA; Vol 1, No 1 (2017); 13-24
EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 1, No 1 (2017); 13-24
2579-5694
2549-4821
10.33650/edureligia.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/43/39
 
Rights Copyright (c) 2018 Hambali Hambali
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0