COOPERATIF LEARNING SEBAGAI UPAYA MEMBANGKITKAN KEMBALI EXTINCTION MOTIVASI BELAJAR
EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
COOPERATIF LEARNING SEBAGAI UPAYA MEMBANGKITKAN KEMBALI EXTINCTION MOTIVASI BELAJAR
|
|
Creator |
Hambali, Hambali
|
|
Description |
Extinction motivasi belajar merupakan salah satu fenomena-fenomena dalam kondisioning klasik, yang artinya menurunnya frekuensi respon bersyarat bahkan akhirnya menghilangnya respon bersyarat akibat ketiadaan stimulus alami dalam proses kondisioning atau secara singkat dapat diartikan hilangnya perilaku akibat dari dihilangkannya reinforcers. Upaya sadar untuk menumbuhkan extinction motivasi belajar diawali dari lima klasifikasi strategi pembelajaran; direct instruction, indirect instruction, interaktif, empirik dan mandiri. Hal tersebut berakar pada satu dasar teori nativisme bahwa setiap manusia dilahirkan telah memiliki potensi karena bawaan atau faktor genetika. Faktor inilah yang harus diakomodir oleh guru untuk dapat membantu siswa menumbuhkan potensi siswa sesuai dengan model dan strategi pembelajaran yang berpusat pada murid atau yang biasa disebut dengan Student Centered. Cooperative learning atau pembelajaran kooperatif adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Pembelajaran kooperatif menciptakan interaksi yang asah, asih dan asuh, sehingga tercipta masyarakat belajar. Siswa tidak hanya belajar dari guru tetapi juga dari sesama siswa.
|
|
Publisher |
Nurul Jadid University Paiton Probolinggo, East Java
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-04-04
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/43
10.33650/edureligia.v1i2.43 |
|
Source |
JURNAL EDURELIGIA; Vol 1, No 1 (2017); 13-24
EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 1, No 1 (2017); 13-24 2579-5694 2549-4821 10.33650/edureligia.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/43/39
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Hambali Hambali
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|