STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA
EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA
|
|
Creator |
Munif, Muhammad
|
|
Description |
Tulisan ini mendeskripsikan strategi internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter siswa di sekolah, mulai dari konsepsi tentang internalisasi nilai, tahapan-tahapan dalam proses internalisasi yaitu: tahap Transformasi Nilai, tahap Transaksi Nilai, dan tahap Transinternalisasi. Selanjutnya, tulisan ini akan mengeksplorasi teori-teori strategi internalisasi nilai yang populer di kalangan praktisi pendidikan meliputi: strategi keteladanan (modelling), strategi pembiasaan, strategi ibrah dan amtsal, strategi pemberian nasehat, strategi pemberian janji dan ancaman (targhib wa tarhib), dan strategi kedisiplinan. Pembahasan dalam naskah ini akan dilengkapi dengan model pendekatan internalisasi nilai-nilai PAI di sekolah dari guru kepada siswa melalui lima pendekatan, yakni pendekatan indoktrinasi, pendekatan moral reasoning, pendekatan forecasting concequence, pendekatan klasifikasi nilai, dan pendekatan ibrah dan amtsal. Diakhiri dengan strategi untuk membudayakan nilai-nilai agama di sekolah melalui : power strategi, persuasive strategy, dan normative re-educative strategy.
|
|
Publisher |
Nurul Jadid University Paiton Probolinggo, East Java
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-04-04
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/49
10.33650/edureligia.v1i2.49 |
|
Source |
JURNAL EDURELIGIA; Vol 1, No 1 (2017); 1-12
EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 1, No 1 (2017); 1-12 2579-5694 2549-4821 10.33650/edureligia.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/49/45
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Muhammad Munif
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|