Record Details

EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM RAHMATAN LIL’ALAMIN DI ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0; SEBUAH KAJIAN PARADIGMATIK

EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM RAHMATAN LIL’ALAMIN DI ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0; SEBUAH KAJIAN PARADIGMATIK
 
Creator Dakir, Dakir
Fauzi, Ahmad
 
Subject
Epistemologi, Pendidikan Islam Rahmatan Lil;alamin
 
Description Eksistensi pendidian Islam saat ini, dihadapkan pada pelbagai tantangan, seiring dengan lahirnya era revolusi industry 4.0. Karena itu, potret pendidikan Islam harus mampu memainkan peranya secara dinamis dan bersikap proaktif dengan membawa nilai-nilai universal sebagai (shifting paradigm), sehingga pendidikan Islam benar-benar menjadi (rahmatan lil’alamin). Demikian untuk membangun pendidikan Islam dimaksud, kajian ini menggunakan konstruksi sosial (social construction of reality) Peter L Berger dan Thomas Luckman, mengenai dialektika antara (ekternalisasi objektivasi, internalisasi), melalui (eksternalitas) bagaimana sistem nilai tersebut dibangun berdasarkan al-Qur’an dan al-Hadits, sesuai dengan realitas sosial dan menjadi sesuatu yang bersifat objektif, (objektivasi) sehingga melahirkan sistem nilai (internalisasi) berup berupa kasih sayang (mahabbah) kebersamaan (ijtima’iyyah), keadilan (‘adalah) dan persaudaraan terhadap sesama (ukhuwah) yaitu sebagai pilar utama pendidikan Islam rahmatan lil’alamin. Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam rahmatan lil’alamin diharapkan dapat menjaga kerukunan, perdamaian, saling menghargai dan pembebasan, bukan sebaliknya sebagai domestikasi dan penjinakan sosial. Karena itu, pendidikan pendidikan Islam rahmatan lil’alamin, dipandang sebagai pencerahan (enlightment) sosial. Karena itu sebagai upaya untuk membangun pendidikan Islam dapat dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu; membangun kesadaran inklusif dengan mentransmisikan keseluruhan sistem nilai sosial keagamaan seperti ketauhidan, toleransi dan keadilan ke dalam struktur kurikulum sebagai (culture domination and control); merekonstruksi paradigma pendidikan Islam dari cara pandang indoktrinasi menjadi partisipatif; merubah paradigma ideologis menjadi ilmiah dengan memberikan keleluasaan bagi akal manusia untuk mengkaji dan mengembangkan pengetahuan melalui petunjuk-Nya.
 
Publisher Nurul Jadid University Paiton Probolinggo, East Java
 
Contributor
 
Date 2020-02-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/984
10.33650/edureligia.v3i2.984
 
Source JURNAL EDURELIGIA; Vol 3, No 2 (2019); 92-100
EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2 (2019); 92-100
2579-5694
2549-4821
10.33650/edureligia.v3i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/984/pdf_1
 
Rights Copyright (c) 2020 Dakir Dakir
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0