KONSEP “MERDEKA BELAJAR” PERSPEKTIF ALIRAN PROGRESIVISME JOHN DEWEY
EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KONSEP “MERDEKA BELAJAR” PERSPEKTIF ALIRAN PROGRESIVISME JOHN DEWEY
|
|
Creator |
Mustaghfiroh, Siti
|
|
Subject |
Filsafat Pendidikan
Pendidikan, Merdeka Belajar, Progresivisme |
|
Description |
AbstrakProgresivisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan modern yang menginginkan adanya perubahan mendasar terhadap pelaksanaan pendidikan ke arah yang lebih baik, berkualitas dan memberikan kemanfaatan yang nyata bagi peserta didik. Aliran progresivisme menekankan pentingnya dasar-dasar kemerdekaan dan kebebasan kepada peserta didik. Peserta didik diberikan keleluasaan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang terpendam dalam dirinya tanpa terhambat aturan-aturan formal yang terkadang justeru membelenggu kreativitas dan daya pikirnya untuk menjadi lebih baik. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, konsep “merdeka belajar” yang dicanangkan oleh Mendikbud RI yang baru dinilai sebagai kebijakan besar untuk menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan semakin maju. Selain itu, konsep “merdeka belajar” memiliki arah dan tujuan yang sama dengan konsep aliran filsafat pendidikan progresivisme John Dewey. Keduanya sama-sama menawarkan kemerdekaan dan keleluasaan kepada lembaga pendidikan untuk mengekplorasi potensi peserta didiknya secara maksimal dengan menyesuaikan minat, bakat serta kecendrungan masing-masing peserta didik. Dengan kemerdekaan dan kebebasan ini, diharapkan pendidikan di Indonesia menjadi semakin maju dan berkualitas, yang ke depannya mampu memberikan dampak positif secara langsung terhadap kemajuan bangsa dan negara.
|
|
Publisher |
Nurul Jadid University Paiton Probolinggo, East Java
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-05-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/1040
10.33650/edureligia.v4i1.1040 |
|
Source |
JURNAL EDURELIGIA; Vol 4, No 1 (2020); 1-10
EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 4, No 1 (2020); 1-10 2579-5694 2549-4821 10.33650/edureligia.v4i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/1040/pdf
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/downloadSuppFile/1040/146 |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Siti Mustaghfiroh , M.Phil
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|