Record Details

KONSEP “MERDEKA BELAJAR” PERSPEKTIF ALIRAN PROGRESIVISME JOHN DEWEY

EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONSEP “MERDEKA BELAJAR” PERSPEKTIF ALIRAN PROGRESIVISME JOHN DEWEY
 
Creator Mustaghfiroh, Siti
 
Subject Filsafat Pendidikan
Pendidikan, Merdeka Belajar, Progresivisme
 
Description AbstrakProgresivisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan modern yang menginginkan adanya perubahan mendasar terhadap pelaksanaan pendidikan ke arah yang lebih baik, berkualitas dan memberikan kemanfaatan yang nyata bagi peserta didik. Aliran progresivisme menekankan pentingnya dasar-dasar kemerdekaan dan kebebasan kepada peserta didik. Peserta didik diberikan keleluasaan untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang terpendam dalam dirinya tanpa terhambat aturan-aturan formal yang terkadang justeru membelenggu kreativitas dan daya pikirnya untuk menjadi lebih baik. Dalam konteks pendidikan di Indonesia,  konsep “merdeka belajar” yang dicanangkan oleh Mendikbud RI yang baru dinilai sebagai kebijakan besar untuk menjadikan pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan semakin maju. Selain itu, konsep “merdeka belajar” memiliki arah dan tujuan yang sama dengan konsep aliran filsafat pendidikan progresivisme John Dewey. Keduanya sama-sama menawarkan  kemerdekaan dan keleluasaan kepada lembaga pendidikan untuk mengekplorasi potensi peserta didiknya secara maksimal dengan menyesuaikan minat, bakat serta kecendrungan masing-masing peserta didik. Dengan kemerdekaan dan kebebasan ini, diharapkan pendidikan di Indonesia menjadi semakin maju dan berkualitas, yang ke depannya mampu memberikan dampak positif secara langsung terhadap kemajuan bangsa dan negara. 
 
Publisher Nurul Jadid University Paiton Probolinggo, East Java
 
Contributor
 
Date 2020-05-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/1040
10.33650/edureligia.v4i1.1040
 
Source JURNAL EDURELIGIA; Vol 4, No 1 (2020); 1-10
EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 4, No 1 (2020); 1-10
2579-5694
2549-4821
10.33650/edureligia.v4i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/1040/pdf
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/downloadSuppFile/1040/146
 
Rights Copyright (c) 2020 Siti Mustaghfiroh , M.Phil
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0