Record Details

WALI ASUH SEBAGAI TECHNICAL ASSISTANCE DALAM MENINGKATKAN MUTU BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID

EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title WALI ASUH SEBAGAI TECHNICAL ASSISTANCE DALAM MENINGKATKAN MUTU BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID
 
Creator Baharun, Hasan
 
Subject

 
Description Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam meningkatkan mutu belajar santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peranan wali asuh sebagai technical assistance (pembantu teknis) dalam meningkatkan mutu belajar santri, dalam penelitian pengembangan ini dilakukan 4 tahapan peningkatan mutu belajar : (1) Learning Assistance (Pendampingan Belajar) tujuannya santri dapat memahami materi – materi belajar secara baik. (2) Giving Motivation (Pemberian Motivasi) merupakan tahapan untuk membangkitkan daya minat belajar santri sehingga dapat mengembangkan skill pengetahuan santri minimal juga bisa memberikan motivasi untuk dirinya dan temannya (3) Upgrading Student Abilities (Peningkatan Kemampuan Santri) metode pengulangan kembali materi yang sudah disampaikan. (4) Lembaga Motivasi Nurul Jadid (LMNJ) lembaga pendukung dalam pemberian motivasi yang tujuannya meningkatkan moralitas dan kesadaran para santri dalam meningkatkan mutu belajar. Metode yang digunakan untuk peningkatan mutu belajar adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif yang di ungkap berdasarkan wawancara dengan wali asuh maupun yang di asuh berdsarkan hasil maka peningkatan mutu belajar santri santri melalui peranan wali asuh sebagai technical Assistence sangat berpengaruh terhadap daya minat belajar dan pengembangan skill pengetahuan santri.
 
Publisher Nurul Jadid University Paiton Probolinggo, East Java
 
Contributor
 
Date 2021-08-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/3333
10.33650/edureligia.v5i2.3333
 
Source JURNAL EDURELIGIA; Vol 5, No 2 (2021); 67-82
EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 5, No 2 (2021); 67-82
2579-5694
2549-4821
10.33650/edureligia.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/3333/pdf
 
Rights Copyright (c) 2022 Hasan Baharun
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0