Record Details

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BAGI ANAK AUTISME

PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BAGI ANAK AUTISME
 
Creator sulaiman, sulaiman sulaiman
 
Subject education,teaching,learning
Kata Kunci: Autisme, Bahasa Inggris, Bahan Ajar
 
Description AbstrakBahan Ajar merupakan sumber bagi guru dalam mengajar dan bagi siswa untuk belajar sehingga sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada dua hal, 1) Mendeskripsikan proses belajar mengajar bahasa Inggris untuk siswa autisme di Sekolah Khusus Cahaya Bangsa Pontianak, 2) Mengembangkan bahan untuk mendorong siswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan satu set bahan belajar-mengajar bahasa Inggris yang cocok bagi siswa autismee.Peneliti menyadari karakteristik khusus siswa dengan autisme, beberapa langkah harus diambil sebelum peneliti mengembangkan bahan ajar. Pertama langkah yang diambil adalah untuk meninjau silabus, dalam tahap ini peneliti mengevaluasi bagian mana silabus harus dikembangkan. Silabus yang direview oleh peneliti akan diproses ke langkah yang kedua, dilangkah kedua peneliti membuat rencana pelajaran yang bertujuan untuk membantu guru dalam melakukan kegiatan pengelolaan kelas. Langkah ketiga adalah mengintegrasikan kebutuhan siswa dengan desain bahan ajar. Hasil integrasi bahan ajar kemudian dapat mendorong keterlibatan siswa.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlibatan dan konsentrasi para siswa autisme dalam berinteraksi dengan berbagai materi pelajaran yang disajikan. Hal ini dapat terlihat dari bahan ajar multimedia yang dibuat oleh peneliti mengandung kegiatan secara fisik dan kelompok. Kedua kegiatan tersebut merupakan peranan yang penting bagi siswa untuk terlibat secara aktif dan efektif dalam menjalin komunikasi. Dalam hal ini para siswa dapat menyampaikan ide-ide didalam kelompok ketika diberikan tugas dan secara alami para siswa melakukan kegiatan secara fisik lebih aktif.Kata Kunci: Autisme, Bahasa Inggris, Bahan AjarĀ 
 
Publisher Nurul Jadid University
 
Contributor IAIN Pontianak
 
Date 2019-12-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/703
10.33650/pjp.v6i2.703
 
Source JURNAL PEDAGOGIK; Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0; 332-384
PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan; Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0; 332-384
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN; Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0; 332-384
2528-5793
2354-7960
10.33650/pjp.v6i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/703/456
 
Rights Copyright (c) 2019 sulaiman sulaiman sulaiman
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0