Record Details

ANALISIS KEMAMPUAN OPERASI LOGIK SISWA SMA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA PADA TAHAP OPERASIONAL FORMAL

PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS KEMAMPUAN OPERASI LOGIK SISWA SMA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA PADA TAHAP OPERASIONAL FORMAL
 
Creator Syar, Nur Inayah
 
Subject Education, Science Education
Kognitif, Operasi Logik, Opersional Formal, Piaget
 
Description AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan operasi logik siswa pada tahap perkembangan kognitif operasional formal dalam mata pelajaran fisika. Adapun populasi penelitian adalah sejumlah 1458 orang siswa dan sampelnya sejumlah 207 orang siswa yang berasal dari enam sekolah yang berbeda dengan menggunakan Cluster Are Sampling. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan instrumen penelitian tes operasional formal dalam bentuk operasi logik yang telah valid dan reliabel untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA di Kabupaten Bulukumba belum memasuki periode operasional formal dalam tingkat perkembangan kognitifnya. Berdasarkan keempat jenis operasi logik, urutan operasi yang paling dikuasai siswa yaitu operasi hipotetik-deduktif, refleksif, kombinatorial dan terakhir proposisional. Data-data tersebut menunjukkan bahwa peningkatan usia tidak mempengaruhi tingkat perkembangan kognitif siswa seperti apa yang dipaparkan oleh Piaget.
 
Publisher Nurul Jadid University
 
Contributor
 
Date 2021-04-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1516
10.33650/pjp.v7i2.1516
 
Source JURNAL PEDAGOGIK; Vol 7, No 2 (2020): PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN; 459-494
PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan; Vol 7, No 2 (2020): PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN; 459-494
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN; Vol 7, No 2 (2020): PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN; 459-494
2528-5793
2354-7960
10.33650/pjp.v7i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1516/864
 
Rights Copyright (c) 2020 Nur Inayah Syar
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0