Record Details

Memberdayakan Metakognisi dengan Mind Map untuk Optimalisasi Kualitas Produk Hasil Belajar Mahasiswa

PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Memberdayakan Metakognisi dengan Mind Map untuk Optimalisasi Kualitas Produk Hasil Belajar Mahasiswa
 
Creator aprilisa, ema
 
Subject
metakognisi, mind map, peta pikiran, hasil belajar, optimalisasi hasil belajar
 
Description Hasil belajar dapat digunakan menjadi salah satu acuan untuk menilai keberhasilan suatu proses pembelajaran. Hasil belajar berupa produk menjadi salah satu aspek penting yang bisa mencerminkan keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini akan membuktikan pentingnya pemberdayaan metakognisi untuk mengoptimalkan kualitas produk hasil belajar. Pemberdayaan metakognisi tersebut difasilitasi dengan penggunaan mind map selama proses pembelajaran. Data pada penelitian ini diperoleh dengan metode triangulasi melalui analisis hasil angket, hasil wawancara, serta nilai produk hasil belajar. Ketiga data tersebut kemudian dikolaborasikan untuk menarik kesimpulan tentang pemberdayaan metakognisi untuk mengoptimalkan kualitas produk hasil belajar melalui penggunaan mind map. Hasilnya, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa mind map mampu memfasilitasi pemberdayaan metakognisi. Keberhasilan pemberdayaan metakognisi tersebut juga diiringi dengan tercapainya hasil belajar yang memuaskan, dalam hal ini penyusunan produk hasil belajar berupa RPP. Selain membuktikan keunggulan mind map sebagai alat untuk memberdayakan kemampuan metakognisi, penelitian ini juga membuktikan adanya hubungan keberhasilan menguasai metakognisi dengan keberhasilan pencapaian hasil belajar, khususnya pembuatan produk sebagai hasil belajar.
 
Publisher Nurul Jadid University
 
Contributor
 
Date 2020-01-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/805
10.33650/pjp.v6i2.805
 
Source JURNAL PEDAGOGIK; Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0; 534-556
PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan; Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0; 534-556
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN; Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0; 534-556
2528-5793
2354-7960
10.33650/pjp.v6i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/805/486
 
Rights Copyright (c) 2019 ema aprilisa
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0