Record Details

ANALISIS RESPON GURU DAN SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR HIPOTESIS DEDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS RESPON GURU DAN SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR HIPOTESIS DEDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
 
Creator Saputra, Hendra Nelva
 
Subject

 
Description Proses pembelajaran di dalam kelas dapat berlangsung dengan efektif apabila ada interaksi antara guru dan siswa. Interaksi tersebut dapat berupa respon yang diberikan oleh guru terhadap pertanyaan siswa atau sebaliknya. Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan digunakan lembar angket yang berisi butir-butir pernyataan tentang pembelajaran yang dilaksanakan dan lembar observasi aktivitas siswa. Tujuan pemberian angket tersebut adalah untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap penerapan model siklus belajar hipotesis deduktif dalam pembelajaran kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan respon guru dan siswa berdasarkan jawaban angket. Berdasarkan jawaban angket terlihat bahwa guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model siklus belajar hipotesis deduktif dalam pembelajaran kesetimbangan kimia dilihat dari skor rerata tanggapan guru yang diperoleh melalui angket yang terkategori baik sekali, skor rerata aktivitas siswa tiap pertemuan dan skor rerata tanggapan siswa yang diperoleh melalui angket yang terkategori baik sekali.
 
Publisher Nurul Jadid University
 
Contributor
 
Date 2019-12-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/729
10.33650/pjp.v6i2.729
 
Source JURNAL PEDAGOGIK; Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0; 278-299
PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan; Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0; 278-299
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN; Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0; 278-299
2528-5793
2354-7960
10.33650/pjp.v6i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/729/457
 
Rights Copyright (c) 2019 Hendra Nelva Saputra
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0