ANALISIS RESPON GURU DAN SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR HIPOTESIS DEDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan
View Archive InfoField | Value | |
Title |
ANALISIS RESPON GURU DAN SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR HIPOTESIS DEDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
|
|
Creator |
Saputra, Hendra Nelva
|
|
Subject |
—
— |
|
Description |
Proses pembelajaran di dalam kelas dapat berlangsung dengan efektif apabila ada interaksi antara guru dan siswa. Interaksi tersebut dapat berupa respon yang diberikan oleh guru terhadap pertanyaan siswa atau sebaliknya. Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan digunakan lembar angket yang berisi butir-butir pernyataan tentang pembelajaran yang dilaksanakan dan lembar observasi aktivitas siswa. Tujuan pemberian angket tersebut adalah untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap penerapan model siklus belajar hipotesis deduktif dalam pembelajaran kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan respon guru dan siswa berdasarkan jawaban angket. Berdasarkan jawaban angket terlihat bahwa guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model siklus belajar hipotesis deduktif dalam pembelajaran kesetimbangan kimia dilihat dari skor rerata tanggapan guru yang diperoleh melalui angket yang terkategori baik sekali, skor rerata aktivitas siswa tiap pertemuan dan skor rerata tanggapan siswa yang diperoleh melalui angket yang terkategori baik sekali.
|
|
Publisher |
Nurul Jadid University
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2019-12-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/729
10.33650/pjp.v6i2.729 |
|
Source |
JURNAL PEDAGOGIK; Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0; 278-299
PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan; Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0; 278-299 PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN; Vol 6, No 2 (2019): INOVASI TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 4.0; 278-299 2528-5793 2354-7960 10.33650/pjp.v6i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/729/457
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 Hendra Nelva Saputra
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|