Record Details

PENGGUNAAN BOOK OF SEX EDUCATION ANIMATED CARTOONS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEKS SISWA SEKOLAH DASAR

PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGGUNAAN BOOK OF SEX EDUCATION ANIMATED CARTOONS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEKS SISWA SEKOLAH DASAR
 
Creator Ninawati, Mimin
Wahyuni, Nur
Zulfadewina, Zulfadewina
 
Subject Education, Elementary School
Buku, Pendidikan Seks, Sekolah Dasar
 
Description Banyak kasus kejahatan seksual pada anak terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu penyebab tingginya kasus kejahatan seksual pada anak adalah tidak adanya pendidikan seks sejak dini baik dalam keluarga maupun di sekolah. Pendidikan seks pada anak harus disesuaikan dengan tahap perkembangan anak dan menggunakan cara dan media yang mudah dipahami oleh anak. Pendidikan seks pada siswa sekolah dasar sebagian besar mengenai cara kita menjelaskan tentang bagian tubuh dan fungsi tubuh, bagaimana kita mengajar anak-anak untuk merawat, menghargai, dan melindungi tubuhnya, dan ketika kita mempersiapkan anak kita untuk pubertas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penggunaan book of sex education animated cartoons untuk meningkatkan pemahaman seks siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest one group design. Teknik analisis yang digunakan adalah uji komparasi dengan paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman seks siswa sebelum dan setelah penggunaan buku ini. Penggunaan buku ini efektif untuk meningkatkan pemahaman seks siswa sekolah dasar..
 
Publisher Nurul Jadid University
 
Contributor Departement Of Elementary Education
 
Date 2020-12-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1141
10.33650/pjp.v7i2.1141
 
Source JURNAL PEDAGOGIK; Vol 7, No 2 (2020): PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN; 294-318
PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan; Vol 7, No 2 (2020): PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN; 294-318
PEDAGOGIK : JURNAL PENDIDIKAN; Vol 7, No 2 (2020): PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN; 294-318
2528-5793
2354-7960
10.33650/pjp.v7i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1141/760
 
Rights Copyright (c) 2020 Mimin Ninawati
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0