Menghilangkan Budaya “Gasab” Di Pondok Pesantren Melalui Konsep Manajemen Perubahan Dan Organisasi Pembelajaran
AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Menghilangkan Budaya “Gasab” Di Pondok Pesantren Melalui Konsep Manajemen Perubahan Dan Organisasi Pembelajaran
|
|
Creator |
Rifqi, Ainur
|
|
Description |
Pondok pesantren yang menjadi cerminan bagi lembaga pendidikan lainnya dalam masalah perbaikan sikap, memiliki beban tugas yang sangat penting dalam pendidikan karakter. Namun, gasab yang merupakan sikap yang kurang terpuji, masih menjadi trend di beberapa pesantren. Untuk mengubah kebiasaan tersebut, maka perlu adanya organisasi pembelajaran yang dapat mengubah karakter buruk santri tersebut. Agar organisasi pembelajaran dapat berjalan secara efektif maka dibutuhkan 1) visi bersama (shared vision), 2) berpikir sistem (system thinking), 3) belajar beregu (team learning), 4) penguasaan pribadi (personal matery), dan 5) model mental (mental models). Dalam mengubah karakter tersebut, agar santri menerima perubahan yang dilakukan maka pesantren perlu menerapkan model manajemen perubahan, yang terdiri dari 1) The Choice Process, 2) The Trajectory Process, 3) The Change Process.
|
|
Publisher |
Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-09-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/116
10.33650/al-tanzim.v1i2.116 |
|
Source |
JURNAL AL-TANZIM; Vol 1, No 2 (2017): MANAJEMEN MUTU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM; 89-94
AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 1, No 2 (2017): MANAJEMEN MUTU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM; 89-94 JURNAL AL-TANZIM; Vol 1, No 2 (2017): MANAJEMEN MUTU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM; 89-94 2549-5720 2549-3663 10.33650/al-tanzim.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/116/96
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Ainur Rifqi
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|