Record Details

Menghilangkan Budaya “Gasab” Di Pondok Pesantren Melalui Konsep Manajemen Perubahan Dan Organisasi Pembelajaran

AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Menghilangkan Budaya “Gasab” Di Pondok Pesantren Melalui Konsep Manajemen Perubahan Dan Organisasi Pembelajaran
 
Creator Rifqi, Ainur
 
Description Pondok pesantren yang menjadi cerminan bagi lembaga pendidikan lainnya dalam masalah perbaikan sikap, memiliki beban tugas yang sangat penting dalam pendidikan karakter. Namun, gasab yang merupakan sikap yang kurang terpuji, masih menjadi trend di beberapa pesantren. Untuk mengubah kebiasaan tersebut, maka perlu adanya organisasi pembelajaran yang dapat mengubah karakter buruk santri tersebut. Agar organisasi pembelajaran dapat berjalan secara efektif maka dibutuhkan 1) visi bersama (shared vision), 2) berpikir sistem (system thinking), 3) belajar beregu (team learning), 4) penguasaan pribadi (personal matery), dan 5) model mental (mental models). Dalam mengubah karakter tersebut, agar santri menerima perubahan yang dilakukan maka pesantren perlu menerapkan model manajemen perubahan, yang terdiri dari 1) The Choice Process, 2) The Trajectory Process, 3) The Change Process.
 
Publisher Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia
 
Contributor
 
Date 2017-09-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/116
10.33650/al-tanzim.v1i2.116
 
Source JURNAL AL-TANZIM; Vol 1, No 2 (2017): MANAJEMEN MUTU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM; 89-94
AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 1, No 2 (2017): MANAJEMEN MUTU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM; 89-94
JURNAL AL-TANZIM; Vol 1, No 2 (2017): MANAJEMEN MUTU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM; 89-94
2549-5720
2549-3663
10.33650/al-tanzim.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/116/96
 
Rights Copyright (c) 2017 Ainur Rifqi
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0