Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek
AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek
|
|
Creator |
Wijaya, Muallim
|
|
Description |
Konsep manajemen pengajaran bahasa arab adalah rencana-rencana pengajaran bahasa arab meliputi; persiapan materi, perincian tujuan, metode dan media pembelajaran serta penilain yang digunakan guru bahasa arab selama kegiatan pembelajaran, baik di kelas atau di luar kelas. Semua itu dimaksudkan untuk mencapai target pendidikan bahasa arab secara maksimal. Guru bahasa arab harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional.Kesuksesan lembaga pendidikan bahasa arab tidak bisa lepas dari sinergi antara konsep dan pelaksanaan manajeman bahasa arab yang baik. Artinya guru bahasa arab harus memahami konsep manajemen pembelajaran bahasa arab dengan baik agar pelaksanaan tujuan-tujuan pendidikan yang telah direncanakan sebelumnya bisa dicapai secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip-prinsip yang baku. Dan guru bahasa arab yang baik memiliki sifat ikhlas dan dedikasi yang tinggi pada profesinya.Guru bahasa arab harus memiliki kompetensi yang mencakup kemampuan memahami prinsip-prinsip pendidikan bahasa arab,mengelola proses belajar mengajar bahsa arab secara konperhensif, menjadi pribadi yang arif dan bijaksana serta teladan yang baik bagi anak didik (teladan dalam bersikap dan teladan dalam berbahasa yang baik dan benar), mampu bekerja sama dengan rekan seprofesi dan masyarakat luas demi mewujudkan tujuan-tujuan pendidikan, dan menguasai materi bahasa arab beserta seluruh kompetensinya, memiliki kemampuan mengembangkan bahan ajarnya dan mengajarkan bahasa arab pada anak didik sesuai tugas dan fungsinya, yaitu alat komunikasi.Pendidikan bahasa arab yang sukses mencerminkan keseimbangan antara konsep dan implementasi kurikulum yang terencana, terorganisir dengan seluruh elemen pendidikan dan masyarakat secara harmonis,dan di evaluasi secara berkesinambungan.
|
|
Publisher |
Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2017-01-04
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/24
10.33650/al-tanzim.v1i1.24 |
|
Source |
JURNAL AL-TANZIM; Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN; 1-18
AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN; 1-18 JURNAL AL-TANZIM; Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN; 1-18 2549-5720 2549-3663 10.33650/al-tanzim.v1i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/24/24
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Muallim Wijaya
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|