Record Details

Implementation of Islamic Values in The Employees Recruitment Process

Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementation of Islamic Values in The Employees Recruitment Process
Implementasi Nilai-nilai Islami pada Proses Rekrutmen Karyawan
 
Creator Yuli, Sri Budi Cantika
Sari, Novi Primita
 
Subject nilai islami
proses rekrutmen
karyawan
manajemen sumber daya insani
Islamic values
recruitment process
employees
Islamic human resources management
 
Description This study aimed at determining the implementation of Islamic values in the recruitment process (Case Study at University of Muhammadiyah Malang-UMM). This research applied qualitative method through a phenomenological approach. The informants of this study were (1) University Leaders; (2) Employees. Further, the data collected were analyzed using qualitative data analysis techniques, namely: Data Reduction, Data Presentation, and Conclusion Drawing. The results of this study indicated that the recruitment process at UMM: 1) in accordance with Islamic values sourced from the Qur'an and Hadith; 2) UMM leaders have accomplished the mandate that was showed in selecting employees and establishing the law fairly according to Q.S. An Nisa [4]: 58 and Q.S. Al Maidah [5]: 8. UMM Leaders appoint the most worthy and appropriate employees as in Q.S. An Nisaa [4]: 59; 4) UMM leaders choose employees of the highest quality selectively in accordance with the words of the Prophet Muhammad in HR. Baihaqi; 5) UMM Leaders choose capable and trustworthy employees according to Q.S. Al Anfaal [8]: 27.
Signifikansi penelitian ini adalah bagaimana nilai Islami diterapkan dalam proses rekrutmen karyawan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini meliputi Pimpinan Universitas dan Karyawan. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Proses rekrutmen sebagai bagian dari fungsi Manajemen Sumber Daya Insani (MSDI) yang dilakukan di UMM sudah sesuai dengan nilai-nilai Islami yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadits. Di lihat dari sisi Pimpinan Universitas sudah melaksanakan amanah rekrutmen dengan diwujudkan dalam memilih karyawan secara adil sesuai Q.S. An-Nisa’ [4]:58 dan Q.S. Al-Maidah [5]:8. Pimpinan Universitas dalam mengangkat karyawan yang paling layak dan sesuai seperti dalam Q.S. An-Nisa’ [4]:59. Pimpinan Universitas dalam memilih karyawan berdasar kualitas terbaik secara selektif sesuai dengan sabda Rasulullah SAW dalam H.R. Baihaqi. Terakhir, Pimpinan Universitas dalam merekrut karyawan dipilih yang memiliki kapabilitas atau kemampuan yang sesuai dan memiliki karakter amanah sesuai Q.S. Al-Anfaal [8]:27.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat
 
Date 2021-07-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/872
10.33379/jihbiz.v5i2.872
 
Source Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking; Vol. 5 No. 2 (2021); 156-163
Jihbiz : Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah; Vol 5 No 2 (2021); 156-163
2807-6028
2549-0397
10.33379/jihbiz.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/872/587
 
Rights Copyright (c) 2021 Jihbiz : jurnal ekonomi, keuangan dan perbankan syariah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0