Record Details

Faktor Layanan dan Keputusan Menjadi Nasabah pada BMT UGT Sidogiri

Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Faktor Layanan dan Keputusan Menjadi Nasabah pada BMT UGT Sidogiri
Service Factors and Decisions to Become a Customer at BMT UGT Sidogiri
 
Creator Kholili, Isa
 
Subject services
baitul maal wa tamwil
Sidogiri
layanan
baitul maal wa tamwil
Sidogiri
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah secara simultan dan parsial dan variabel kualitas pelayanan yang paling dominan yang berpengaruh pada kepuasan pelanggan pada BMT UGT Sidogiri. BMT UGT Sidogiri sebagai salah satu bentuk usaha pelayanan penyedia jasa di bidang keuangan, maka dalam mengambil kebijaksanaan mengenai kualitas pelayanan yang berkualitas, bank dapat mengukur dan memantau kepuasan pelanggan dengan sistem keluhan dan saran serta survei keputusan nasabah. Temuan lainnya terkait dalam penelitian. Pertama, pelayanan yang terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Kedua, pelayanan yang terdiri dari tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Ketiga, variabel Pelayanan, tangibles merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan nasabah. Saran untuk Nasabah, agar lebih selektif dalam memilih produk dengan adanya berbagai tawaran produk, karena pada dasarnya nasabah ingin memenuhi kebutuhan dengan mencari manfaat dari sebuah produk. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya tidak hanya meneliti dari lima variabel layanan saja.
This study aims to determine how the influence of service quality factors on customer decisions simultaneously and partially and the most dominant service quality variable that affects customer satisfaction at BMT UGT Sidogiri. BMT UGT Sidogiri as a form of the business service provider in the financial sector, then in making policies regarding quality service quality, banks can measure and monitor customer satisfaction with a system of complaints and suggestions as well as customer decision surveys. Other findings are related to the study. First, services consisting of tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy partially have a significant influence on customer decisions. Second, services consisting of tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy simultaneously have a significant influence on customer decisions. Third, the service variable, tangibles is the dominant variable influencing customer decisions. Suggestions for customers, to be more selective in choosing products with various product offers because basically, customers want to fulfill their needs by seeking the benefits of a product. For further researchers, it is better not only to examine the five service variables.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat
 
Date 2020-01-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/856
10.33379/jihbiz.v4i1.856
 
Source Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking; Vol. 4 No. 1 (2020); 45-69
Jihbiz : Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah; Vol 4 No 1 (2020); 45-69
2807-6028
2549-0397
10.33379/jihbiz.v4i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/856/568
 
Rights Copyright (c) 2020 Jihbiz : jurnal ekonomi, keuangan dan perbankan syariah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0