Pemanfaatan Layanan E-Banking oleh Nasabah Perbankan Syariah: Studi pada Bank Syariah Mandiri KCP Kepanjen
Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pemanfaatan Layanan E-Banking oleh Nasabah Perbankan Syariah: Studi pada Bank Syariah Mandiri KCP Kepanjen
Utilization of E-Banking Services by Islamic Banking Customers: A Study at Bank Syariah Mandiri KCP Kepanjen |
|
Creator |
Saputra, Prayogi Restia
Wahyuningtyas, Tri |
|
Subject |
e-Banking
Islamic banking Bank Syariah Mandiri e-Banking bank syariah Bank Syariah Mandiri |
|
Description |
Perbankan Syariah merupakan sistem perbankan yang sedang tumbuh di Indonesia. Maka, berbagai kajian tentang bank Syariah sangat dibutuhkan sebagai dukungan kajian akademik bagi perbankan syariah. Salah satu topik yang menarik adalah kebiasaan nasabah bank syariah dalam menggunakan fasilitas berbasis teknologi informasi atau yang disebut e-Banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan fasilitas e-Banking oleh nasabah di Bank Syariah Mandiri KCP Kepanjen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan dari layanan e-Banking oleh nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Kepanjen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer didapatkan dari wawancara terukur terhadap 27 nasabah yang datang ke kantor bank. Penelitian ini menemukan bahwa layanan e-Banking kurang digunakan secara maksimal oleh nasabah. Penyebabnya adalah faktor usia, faktor intensitas penggunaan layanan perbankan, serta tempat tinggal nasabah.
Islamic banking is a growing banking system in Indonesia. Thus, various studies on Islamic banks are needed as support for academic studies for Islamic banking. One of the interesting topics is the habit of Islamic bank customers in using information technology-based facilities or what is called e-Banking. This study aims to examine the use of e-Banking facilities by customers at Bank Syariah Mandiri KCP Kepanjen. The purpose of this study was to determine the utilization of e-Banking services by customers of Bank Syariah Mandiri KCP Kepanjen. This research uses the descriptive qualitative method. Primary data sources are obtained from measured interviews with 27 customers who come to the bank office. This study found that e-Banking services were not used optimally by customers. The reason is the age factor, the intensity factor of the use of banking services, and the customer's place of residence. |
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat
|
|
Date |
2020-01-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/853
10.33379/jihbiz.v4i1.853 |
|
Source |
Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking; Vol. 4 No. 1 (2020); 93-104
Jihbiz : Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah; Vol 4 No 1 (2020); 93-104 2807-6028 2549-0397 10.33379/jihbiz.v4i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/853/570
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jihbiz : jurnal ekonomi, keuangan dan perbankan syariah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|