Strategi Pemasaran Kuliner Halal di Kota Malang
Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Strategi Pemasaran Kuliner Halal di Kota Malang
Halal Culinary Marketing Strategy in Malang City |
|
Creator |
Ubaidi, Abdillah
Pertiwi, Sulistiyana |
|
Subject |
Pemasaran kuliner halal
Strategi ANP Stakeholder Halal culinary marketing Strategy ANP Stakeholders |
|
Description |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran kuliner halal yang tepat di kota Malang. Metode Penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode Analytic Network Process (ANP) dengan menggunakan software Super Decisions dalam tiga tahapan. Pertama, konstruksi model ANP. Kedua, tahap kuantifikasi model menggunakan pertanyaan dalam kuesioner ANP berupa pairwise comparison (pembandingan pasangan). Ketiga sintesis dan analisis Dari hasil penelitian yang di lakukan dapat diketahui strategi prioritas atau strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan minat kuliner halal di kota Malang. Dari penelitian ini ditemukan bahwa strategi pemasaran kuliner halal di Kota Malang adalah kerja sama dengan pemerintah untuk memberikan pembinaan kepada pengusaha kuliner, membuat Ikatan Pengusaha Kuliner Halal di Kota Malang, membentuk tim khusus yang aktif berjualan pada ajang-ajang tertentu dan menggandeng Lembaga Keuangan Syariah untuk solusi permodalan.
The purpose of this study is to determine the right halal culinary marketing strategy in the city of Malang. The research method used in this research is the Analytic Network Process (ANP) method using Super Decisions software in three stages. First, the construction of the ANP model. Second, the quantification stage of the model uses questions in the ANP questionnaire in the form of pairwise comparison. Third synthesis and analysis. From the results of the research conducted, it can be seen that the right priority strategy or marketing strategy to increase the interest in halal culinary in Malang city. From this study, it was found that the marketing strategy for halal culinary in Malang City in cooperation with the government to guide culinary entrepreneurs, creating an Association of Halal Culinary Entrepreneurs in Malang City, forming a special team that actively sells at certain events, and collaborating with Islamic Financial Institutions to capital solutions. |
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat
|
|
Date |
2018-01-20
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/768
10.33379/jihbiz.v2i1.768 |
|
Source |
Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking; Vol. 2 No. 1 (2018); 77-92
Jihbiz : Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah; Vol 2 No 1 (2018); 77-92 2807-6028 2549-0397 10.33379/jihbiz.v2i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/768/529
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Jihbiz : jurnal ekonomi, keuangan dan perbankan syariah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|