Record Details

Strategi Pemasaran Kuliner Halal di Kota Malang

Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Strategi Pemasaran Kuliner Halal di Kota Malang
Halal Culinary Marketing Strategy in Malang City
 
Creator Ubaidi, Abdillah
Pertiwi, Sulistiyana
 
Subject Pemasaran kuliner halal
Strategi
ANP
Stakeholder
Halal culinary marketing
Strategy
ANP
Stakeholders
 
Description Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran kuliner halal yang tepat di kota Malang. Metode Penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode Analytic Network Process (ANP) dengan menggunakan software Super Decisions dalam tiga tahapan. Pertama, konstruksi model ANP. Kedua, tahap kuantifikasi model menggunakan pertanyaan dalam kuesioner ANP berupa pairwise comparison (pembandingan pasangan). Ketiga sintesis dan analisis Dari hasil penelitian yang di lakukan dapat diketahui strategi prioritas atau strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan minat kuliner halal di kota Malang. Dari penelitian ini ditemukan bahwa strategi pemasaran kuliner halal di Kota Malang adalah kerja sama dengan pemerintah untuk memberikan pembinaan kepada pengusaha kuliner, membuat Ikatan Pengusaha Kuliner Halal di Kota Malang, membentuk tim khusus yang aktif berjualan pada ajang-ajang tertentu dan menggandeng Lembaga Keuangan Syariah untuk solusi permodalan.
The purpose of this study is to determine the right halal culinary marketing strategy in the city of Malang. The research method used in this research is the Analytic Network Process (ANP) method using Super Decisions software in three stages. First, the construction of the ANP model. Second, the quantification stage of the model uses questions in the ANP questionnaire in the form of pairwise comparison. Third synthesis and analysis. From the results of the research conducted, it can be seen that the right priority strategy or marketing strategy to increase the interest in halal culinary in Malang city. From this study, it was found that the marketing strategy for halal culinary in Malang City in cooperation with the government to guide culinary entrepreneurs, creating an Association of Halal Culinary Entrepreneurs in Malang City, forming a special team that actively sells at certain events, and collaborating with Islamic Financial Institutions to capital solutions.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat
 
Date 2018-01-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/768
10.33379/jihbiz.v2i1.768
 
Source Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking; Vol. 2 No. 1 (2018); 77-92
Jihbiz : Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah; Vol 2 No 1 (2018); 77-92
2807-6028
2549-0397
10.33379/jihbiz.v2i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/768/529
 
Rights Copyright (c) 2018 Jihbiz : jurnal ekonomi, keuangan dan perbankan syariah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0