Record Details

Perbandingan Kepuasan Nasabah Pengusaha Batik di Pekalongan terhadap Bank Syariah dan Bank Konvensional

Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Perbandingan Kepuasan Nasabah Pengusaha Batik di Pekalongan terhadap Bank Syariah dan Bank Konvensional
Comparison of Customer Satisfaction in Pekalongan Batik Businesses towards Islamic Banks and Conventional Banks
 
Creator Fikri, Muhammad Khoirul
 
Subject comparison
customer satisfaction
Islamic bank
conventional bank
perbandingan
kepuasan nasabah
bank syariah
bank konvensional
 
Description Fokus permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan pada bank syariah, dalam hal ini juga membandingkan bank syariah dengan bank konvensional. Dalam hal ini pengusaha batik yang menjadi nasabah di bank syariah dan bank konvensional. Hasil perhitungan untuk bank syariah, di mana diketahui uji t bahwa variabel-variabel tersebut secara sendiri-sendiri tidak semuanya mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan, tingkat pengaruhnya berbeda-beda yaitu dari pengaruh yang paling tinggi sampai pengaruh paling rendah. Uji F menunjukkan bahwa secara keseluruhan ke enam faktor tersebut bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan. Hasil perhitungan untuk bank konvensional, di mana diketahui uji t bahwa variabel-variabel tersebut secara sendiri-sendiri tidak semuanya mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan, tingkat pengaruhnya berbeda-beda yaitu dari pengaruh yang paling tinggi sampai pengaruh paling rendah.
Uji F menunjukkan bahwa secara keseluruhan ke enam faktor tersebut bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan.
The focus of the problem that the researchers raised in this study were the factors that affect customer satisfaction of batik entrepreneurs in Pekalongan at Islamic banks, in this case also comparing Islamic banks with conventional banks. In this case, batik entrepreneurs become customers of Islamic banks and conventional banks. The results of calculations for Islamic banks, where it is known that the t-test is not all of these variables individually have an influence on customer satisfaction of batik entrepreneurs in Pekalongan, the level of influence varies, from the highest to the lowest. The F test shows that all the six factors together influence customer satisfaction of batik entrepreneurs in Pekalongan. The results of the calculation for conventional banks, where it is known that the t-test shows that not all of these variables individually have an influence on customer satisfaction of batik entrepreneurs in Pekalongan, the level of influence varies, from the highest to the lowest. The F test shows that all the six factors together influence customer satisfaction of batik entrepreneurs in Pekalongan.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat
 
Date 2017-07-17
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/714
10.33379/jihbiz.v1i2.714
 
Source Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking; Vol. 1 No. 2 (2017); 137-154
Jihbiz : Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah; Vol 1 No 2 (2017); 137-154
2807-6028
2549-0397
10.33379/jihbiz.v1i2
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/714/510
 
Rights Copyright (c) 2017 Jihbiz : jurnal ekonomi, keuangan dan perbankan syariah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0