Perbandingan Kepuasan Nasabah Pengusaha Batik di Pekalongan terhadap Bank Syariah dan Bank Konvensional
Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Perbandingan Kepuasan Nasabah Pengusaha Batik di Pekalongan terhadap Bank Syariah dan Bank Konvensional
Comparison of Customer Satisfaction in Pekalongan Batik Businesses towards Islamic Banks and Conventional Banks |
|
Creator |
Fikri, Muhammad Khoirul
|
|
Subject |
comparison
customer satisfaction Islamic bank conventional bank perbandingan kepuasan nasabah bank syariah bank konvensional |
|
Description |
Fokus permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan pada bank syariah, dalam hal ini juga membandingkan bank syariah dengan bank konvensional. Dalam hal ini pengusaha batik yang menjadi nasabah di bank syariah dan bank konvensional. Hasil perhitungan untuk bank syariah, di mana diketahui uji t bahwa variabel-variabel tersebut secara sendiri-sendiri tidak semuanya mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan, tingkat pengaruhnya berbeda-beda yaitu dari pengaruh yang paling tinggi sampai pengaruh paling rendah. Uji F menunjukkan bahwa secara keseluruhan ke enam faktor tersebut bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan. Hasil perhitungan untuk bank konvensional, di mana diketahui uji t bahwa variabel-variabel tersebut secara sendiri-sendiri tidak semuanya mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan, tingkat pengaruhnya berbeda-beda yaitu dari pengaruh yang paling tinggi sampai pengaruh paling rendah. Uji F menunjukkan bahwa secara keseluruhan ke enam faktor tersebut bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pengusaha batik di Pekalongan. The focus of the problem that the researchers raised in this study were the factors that affect customer satisfaction of batik entrepreneurs in Pekalongan at Islamic banks, in this case also comparing Islamic banks with conventional banks. In this case, batik entrepreneurs become customers of Islamic banks and conventional banks. The results of calculations for Islamic banks, where it is known that the t-test is not all of these variables individually have an influence on customer satisfaction of batik entrepreneurs in Pekalongan, the level of influence varies, from the highest to the lowest. The F test shows that all the six factors together influence customer satisfaction of batik entrepreneurs in Pekalongan. The results of the calculation for conventional banks, where it is known that the t-test shows that not all of these variables individually have an influence on customer satisfaction of batik entrepreneurs in Pekalongan, the level of influence varies, from the highest to the lowest. The F test shows that all the six factors together influence customer satisfaction of batik entrepreneurs in Pekalongan. |
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat
|
|
Date |
2017-07-17
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/714
10.33379/jihbiz.v1i2.714 |
|
Source |
Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking; Vol. 1 No. 2 (2017); 137-154
Jihbiz : Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah; Vol 1 No 2 (2017); 137-154 2807-6028 2549-0397 10.33379/jihbiz.v1i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/714/510
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Jihbiz : jurnal ekonomi, keuangan dan perbankan syariah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|