Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keinginan Mengonsumsi Produk Halal Menggunakan Theory of Reasoned Action
Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keinginan Mengonsumsi Produk Halal Menggunakan Theory of Reasoned Action
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keinginan Mengonsumsi Produk Halal Menggunakan Theory of Reasoned Action |
|
Creator |
Khossario, Rindo
Rama, Ali |
|
Subject |
keinginan mengonsumsi produk halal
norma subjektif sikap religiositas harga label halal intention to consume halal products subjective norms attitudes religiosity price label kosher |
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan mengonsumsi produk halal studi kasus pada masyarakat Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Kota Pekanbaru. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keinginan mengonsumsi produk halal, sedangkan variabel independen adalah norma subjektif, sikap, religiositas, harga dan label halal. Penelitian ini menggunakan probability sampling dengan responden masyarakat Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan software SPSS versi 23.0 dan Microsoft Excel 2010. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa norma subjektif, sikap dan harga berpengaruh positif terhadap keinginan mengonsumsi produk halal. Sedangkan religiositas dan label halal tidak berpengaruh terhadap keinginan mengonsumsi produk halal. Hasil temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara simultan norma subjektif, sikap, religiositas, harga dan label halal berpengaruh terhadap keinginan mengonsumsi produk halal.
The purpose of this research is to analyze the factors affecting the intention to consume halal products case study on community Tualang Kampung Tualang Subdistrict Siak Pekanbaru. The dependent variable in this research is the desire to consume halal products, while the independent variable is subjective norms, attitudes, religiosity, price and label kosher. This research uses probability sampling with respondents society Tualang Kampung Tualang Subdistrict Siak Pekanbaru. This research uses multiple linear regression analysis with SPSS software version 23.0 and Microsoft Excel 2010. The findings of this research indicate that subjective norms, attitudes and positive effect on the price of the desire to consume halal products. While religiosity and halal label does not affect the desire to consume halal products. These research findings also indicate that simultaneous subjective norms, attitudes, religiosity, price and label kosher influence the desire to consume halal products. |
|
Publisher |
Universitas Islam Raden Rahmat
|
|
Date |
2017-01-07
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/671
10.33379/jihbiz.v1i1.671 |
|
Source |
Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking; Vol. 1 No. 1 (2017); 1-14
Jihbiz : Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah; Vol 1 No 1 (2017); 1-14 2807-6028 2549-0397 10.33379/jihbiz.v1i1 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/671/446
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 Jihbiz : jurnal ekonomi, keuangan dan perbankan syariah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|