Record Details

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keinginan Mengonsumsi Produk Halal Menggunakan Theory of Reasoned Action

Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keinginan Mengonsumsi Produk Halal Menggunakan Theory of Reasoned Action
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keinginan Mengonsumsi Produk Halal Menggunakan Theory of Reasoned Action
 
Creator Khossario, Rindo
Rama, Ali
 
Subject keinginan mengonsumsi produk halal
norma subjektif
sikap
religiositas
harga
label halal
intention to consume halal products
subjective norms
attitudes
religiosity
price
label kosher
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan mengonsumsi produk halal studi kasus pada masyarakat Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Kota Pekanbaru. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keinginan mengonsumsi produk halal, sedangkan variabel independen adalah norma subjektif, sikap, religiositas, harga dan label halal. Penelitian ini menggunakan probability sampling dengan responden masyarakat Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan software SPSS versi 23.0 dan Microsoft Excel 2010. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa norma subjektif, sikap dan harga berpengaruh positif terhadap keinginan mengonsumsi produk halal. Sedangkan religiositas dan label halal tidak berpengaruh terhadap keinginan mengonsumsi produk halal. Hasil temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara simultan norma subjektif, sikap, religiositas, harga dan label halal berpengaruh terhadap keinginan mengonsumsi produk halal.
The purpose of this research is to analyze the factors affecting the intention to consume halal products case study on community Tualang Kampung Tualang Subdistrict Siak Pekanbaru. The dependent variable in this research is the desire to consume halal products, while the independent variable is subjective norms, attitudes, religiosity, price and label kosher. This research uses probability sampling with respondents society Tualang Kampung Tualang Subdistrict Siak Pekanbaru. This research uses multiple linear regression analysis with SPSS software version 23.0 and Microsoft Excel 2010. The findings of this research indicate that subjective norms, attitudes and positive effect on the price of the desire to consume halal products. While religiosity and halal label does not affect the desire to consume halal products. These research findings also indicate that simultaneous subjective norms, attitudes, religiosity, price and label kosher influence the desire to consume halal products.
 
Publisher Universitas Islam Raden Rahmat
 
Date 2017-01-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/671
10.33379/jihbiz.v1i1.671
 
Source Jihbiz : Journal of Islamic Economy, Finance, and Banking; Vol. 1 No. 1 (2017); 1-14
Jihbiz : Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah; Vol 1 No 1 (2017); 1-14
2807-6028
2549-0397
10.33379/jihbiz.v1i1
 
Language ind
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/671/446
 
Rights Copyright (c) 2017 Jihbiz : jurnal ekonomi, keuangan dan perbankan syariah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0