Record Details

Strategi Guru Madin Dalam Peningkatan Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Santri: Strategi guru Madin

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Strategi Guru Madin Dalam Peningkatan Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Santri: Strategi guru Madin
 
Creator Balighoh, Nuzulul Hikmah
 
Description Abstrak
Salah satu pendidikan keagamaan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah Madrasah Diniyah (MADIN). Namun dalam pelaksanaannya, Madin seringkali dianggap sebagai pendidikan kedua, sehingga santri kurang bersugguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, melalui penelitian kualitatif jenis multisitus ini, peneliti menfokuskan kajian pada strategi yang digunakan oleh guru MADIN dalam upaya mendorong kedisiplinan dan motivasi belajar santri di sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data melalui analisis taksonomi dan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru Madin Al-Ittihad dan PPPI dalam meningkatkan kedisiplinan dan motivasi belajar santri adalah dengan memberi contoh positif berupa sikap keteladanan kepada santri; memberikan nasehat, support moral, motivasi, mendesain kegiatan belajar yang menarik, pemberlakukan tatatertib, serta pemberlakukan reward bagi santri dan punishment bagi santri yang melanggar aturan.
Kata kunci: Strategi, Guru Madin, Kedisiplinan, Motivasi Belajar, Santri.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2021-11-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/1149
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 6 No. 2 (2021): November 2021; 194-206
2541-3961
2541-2051
10.12345/alwijdn.v6i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/1149/680
 
Rights Copyright (c) 2022 Nuzulul Hikmah Balighoh
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0