Belajar dengan Bercerita: Penggunaan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini, Efektifkah.? metode Pembelajaran Storytelling
AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Belajar dengan Bercerita: Penggunaan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini, Efektifkah.? metode Pembelajaran Storytelling
|
|
Creator |
Aisyah, Nur
|
|
Description |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di RA Darus Salam, Pakuniran Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Guna mendapatkan gambaran mengenai pelaksanaan metode bercerita di RA Darus Salam, peneliti melakukan observasi dan mendokumentasikan kegiatan pembelajaran. Wawancara dilakukan kepada Kepala sekolah, guru-guru, dan 5 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cerita menggunakan tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Implikasi dari penelitian ini adalah bercerita memberikan dampak positif terhadap peningkatan berbahasa anak. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaannya, guru menggunakan pendekatan positif dengan mempertimbangkan perkembangan kognitif. Pembelajaran berlangsung dengan suasana menyenangkan dan melibatkan fungsi ingera serta dapat memuaskan keingintahuan anak. Kata Kunci: Metode Bercerita, Kemampuan Berbahasa, Anak Usia Dini |
|
Publisher |
UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
|
|
Date |
2021-11-25
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/1147
|
|
Source |
AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 6 No. 2 (2021): November 2021; 106-115
2541-3961 2541-2051 10.12345/alwijdn.v6i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/1147/674
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Nur Aisyah
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|