Record Details

Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Guru Penggerak: Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Program Guru Penggerak: Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam
 
Creator Sodik, Nur
Oviyanti, Fitri
Win Afgani, Muhammad
 
Description Abstrak.Kemendikbud telah meluncurkan program Guru Penggerak. Program tersebut adalah program pendidikan kepemimpinan yang ditujukan guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program Guru Penggerak ini sebagai program pelatihan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin dalam pembelajaran yang berimbas kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis Program Guru Penggerak di Kecamatan Jakabaring Kota Palembang, (2) Menganalisis Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Program Guru Penggerak di Kecamatan Jakabaring Kota Palembang, (3) Menganalisis Faktor yang mempengaruhi Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Program Guru Penggerak di Kecamatan Jakabaring Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data analisis menggunakan model interaktif dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjjukan bahwa pertama, Program Guru Penggerak ini merupakan Program yang dilakukan sebagai program kepelatihan kepemimpinan bagi seluruh guru yang ada di Indonesia untuk menjadi pemimpin dalam pembelajaran yang berimbas kepada siswa. Kedua, strategi pelaksanaan Program guru penggerak dimulai dari perencanaan yang dilakukan menyiapkan modul, kemudian pelakasanannya dengan aksi nyata. Setalah itu menyiapkan hasil evaluasi dengan mengisi buku jurnal tentang perasaan anak-anak dalam mengikuti program guru penggerak. Ketiga, Faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Program Guru Penggerak diantaranya adalah faktor pendukung Program Guru Penggerak meliputi pemerintah, sekolah dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambat adalah sarana siswa, signal, sekolah daring dan akses internet.
Kata Kunci: Kinerja, Guru Penggerak.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2021-11-25
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/963
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 6 No. 2 (2021): November 2021; 136-149
2541-3961
2541-2051
10.12345/alwijdn.v6i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/963/676
 
Rights Copyright (c) 2022 Nur Sodik, Fitri Oviyanti, Muhammad Win Afgani
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0