Record Details

Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Efektifitas Dan Hasil Belajar Siswa: Pengembangan E-Learning PAI

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Efektifitas Dan Hasil Belajar Siswa: Pengembangan E-Learning PAI
 
Creator Mariya Ulfa, Mariya Ulfa
 
Description Abstrak
Sejak pandemi covid-19 mewabah di Indonesia, pemerintah mencanangkan pembelajaran secara online, oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang mampu mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran e-learning yang dapat diakses oleh guru maupun siswa menggunakan gawai yang terhubung oleh jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan dan menjelaskan proses pengembangan media e-learning pada mata pelajaran fiqih di MIN 1 Kota Malang; (2) Menganalisis kelayakan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran fiqih di MIN 1 Kota Malang; (3) Menganalisis keefektifan media e-learning pada mata pelajaran fiqih untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di MIN 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu: a) Tahap Analisis, b) Tahap Desain, c) Tahap Pengembangan , d) Tahap Implementasi, e) Tahap penilaian. Teknik pengumpulan data melalui kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, masukan para validator, dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil kuesioner validator, hasil belajar siswa pre-test dan post-test sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran e-learning yang dianalisis menggunakan ujit dengan bantuan program komputer SPSS versi 24.0. Hasil pengembangan menunjukan bahwa: (1) Menghasilkan media pembelajaran e-learning melalui tahapan pengembangan  ADDIE, (2) Proses uji kelayakan media pembelajaran e-learning melalui validator ahli IT/media, ahli materi/isi, ahli pembelajaran yang hasilnya sangat layak dan layak diujicobakan, (3) Tingkat keefektifan pada media pembelajaran e-learning yang hasilnya terbukti efektif. Hal ini diperkuat dari hasil keaktifan siswa yang mencapai 90% yang menunjukkan kriteria sangat aktif dan nilai rata-rata pre-test sebesar 68,25 dan nilai rata-rata post-test sebesar 87,05. Artinya ada peningkatan nilai sebesar 18,8. Berdasarkan perhitungan ujit pre-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah Sig. Thitung 0,000 ≥ 0,05 dan hasil uji hipotesis post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Sig. 0,000 ≤ 0,05. Kesimpulannya terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MIN 1 Kota Malang.
 
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Learning, Mata Pelajaran Fiqih, Keaktifan, Hasil Belajar.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2021-06-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/959
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 6 No. 1 (2021): Juni 2021; 29-40
2541-3961
2541-2051
10.12345/alwijdn.v6i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/959/666
 
Rights Copyright (c) 2022 Mariya Ulfa Mariya Ulfa
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0