Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Efektifitas Dan Hasil Belajar Siswa: Pengembangan E-Learning PAI
AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Efektifitas Dan Hasil Belajar Siswa: Pengembangan E-Learning PAI
|
|
Creator |
Mariya Ulfa, Mariya Ulfa
|
|
Description |
Abstrak Sejak pandemi covid-19 mewabah di Indonesia, pemerintah mencanangkan pembelajaran secara online, oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang mampu mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran e-learning yang dapat diakses oleh guru maupun siswa menggunakan gawai yang terhubung oleh jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan dan menjelaskan proses pengembangan media e-learning pada mata pelajaran fiqih di MIN 1 Kota Malang; (2) Menganalisis kelayakan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran fiqih di MIN 1 Kota Malang; (3) Menganalisis keefektifan media e-learning pada mata pelajaran fiqih untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa di MIN 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu: a) Tahap Analisis, b) Tahap Desain, c) Tahap Pengembangan , d) Tahap Implementasi, e) Tahap penilaian. Teknik pengumpulan data melalui kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, masukan para validator, dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil kuesioner validator, hasil belajar siswa pre-test dan post-test sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran e-learning yang dianalisis menggunakan ujit dengan bantuan program komputer SPSS versi 24.0. Hasil pengembangan menunjukan bahwa: (1) Menghasilkan media pembelajaran e-learning melalui tahapan pengembangan ADDIE, (2) Proses uji kelayakan media pembelajaran e-learning melalui validator ahli IT/media, ahli materi/isi, ahli pembelajaran yang hasilnya sangat layak dan layak diujicobakan, (3) Tingkat keefektifan pada media pembelajaran e-learning yang hasilnya terbukti efektif. Hal ini diperkuat dari hasil keaktifan siswa yang mencapai 90% yang menunjukkan kriteria sangat aktif dan nilai rata-rata pre-test sebesar 68,25 dan nilai rata-rata post-test sebesar 87,05. Artinya ada peningkatan nilai sebesar 18,8. Berdasarkan perhitungan ujit pre-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen adalah Sig. Thitung 0,000 ≥ 0,05 dan hasil uji hipotesis post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Sig. 0,000 ≤ 0,05. Kesimpulannya terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Fiqih kelas V di MIN 1 Kota Malang. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, E-Learning, Mata Pelajaran Fiqih, Keaktifan, Hasil Belajar. |
|
Publisher |
UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
|
|
Date |
2021-06-27
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/959
|
|
Source |
AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 6 No. 1 (2021): Juni 2021; 29-40
2541-3961 2541-2051 10.12345/alwijdn.v6i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/959/666
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Mariya Ulfa Mariya Ulfa
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0 |
|