Record Details

Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Melalui Unit Kegiatan Seni Religius Dalam Membangun Pribadi Unggul Siswa Madrasah: Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Melalui Unit Kegiatan Seni Religius Dalam Membangun Pribadi Unggul Siswa Madrasah: Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak
 
Creator Hasan Asy'ari, Nur
 
Description Abstrak
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk, pelaksanaan dan hasil internalisasi nilai-nilai akhlak dalam membangun pribadi unggul di Unit Kegiatan Madrasah (UKM) Seni Religius Madrasah Aliyah Fatwa Alim Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk studi kasus, penggalian data dilakukan dengan wawancara, observasi dan  dokumentasi. Adapun informan dalam penelitan ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Kesiswaan. Data diproses dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini ditemukan : (1) Bentuk internalisasinya adalah internalisasi harian, mingguan, bulanan dan tahunan yang memuat akhlak kepada Allah maupun sesama makhluk. (2) Pelaksanaan internalisasi dijalankan dalam program kerja yang dipimpin oleh ketua umum dan jajarannya, serta sebagai legislatifnya ada pelindung, penasehat, pembina, pelatih, dsb. (3) Hasil dari internalisasi nilai-nilai akhlak adalah menumbuhkan semangat beribadah dan beramal, menumbuhkan sikap sopan santun kepada orang lain, menumbukan sikap empati dan peduli, menumbuhkan jiwa yang ikhlas, menumbuhkan jiwa kebersamaan melalui kegiatan seni islam.
 
Kata kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Akhlak, Seni Religius, Pribadi Unggul, Ekstrakurikuler Madrasah.
 
Publisher UNIVERSITAS ISLAM RADEN RAHMAT MALANG
 
Date 2021-06-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/936
 
Source AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies; Vol. 6 No. 1 (2021): Juni 2021; 41-55
2541-3961
2541-2051
10.12345/alwijdn.v6i1
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/936/667
 
Rights Copyright (c) 2022 Nur Hasan Asy'ari
https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0